Marak Penambangan Pasir Liar, Satpol PP Akan Patroli ke Pulau Gili Raja

Avatar of PortalMadura.Com
Marak Penambangan Pasir Liar, Satpol PP Akan Patroli ke Pulau Gili Raja
Penambang Pasir

PortalMadura.Com, – Satuan polisi pamong praja () Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal melakukan patroli rutin kesejumlah kepulauan yang dinilai marak terjadi penambangan pasir liar.

Salah satunya ke Pantai Desa Lombang, Pulau Gili Raja, Kecamatan Gili Genting, Sumenep. Di daerah itu, dinilai kondisi pasirnya memprihatinkan.

“Kerusakan pantai tidak boleh kita biarkan, kita harus melakukan pencegahan agar kerusakannya tidak terus melebar,” kata Herman Irawan, Kasi Samapta dan Sarana Vital Satpol PP Sumenep usai kunjungan kerja, Rabu (22/4/2015).

Menurut dia, kerusakan Pantai Desa Lombang, Pulau Gili Raja sudah terlalu parah dan perlu dilakukan pencegahan. Bila dibiarkan, akan berdampak negatif pada pulau yang dihuni warga empat desa tersebut.

Kondisi pesisr pantai di Desa Lombang sudah  mengalami abrasi sejauh 1 kilo meter persegi, dan air laut sudah mulai masuk ke halaman rumah warga.

“Untuk menanggulangi abrasi pantai di kepulaun, kami akan gencar melakukan patroli runtin ke sana,” janjinya.

Patroli penegak perda itu, akan menggandeng semua instansi terkait, semisal  BLH, Kelautan, serta petugas kepolisian.

“Kita tidak akan main-main dengan pelaku penambangan, karena efeknya sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan orang lain, pokoknya bila yang tertangkap akan kami proses hukum,” ancamnya.

Sementara, Kepala Desa Banmaleng, Juherman mengakui jika di desanya terjadi penambangan pasir liar secara besar-besaran oleh warga. Sehingga, bibir pantai mengalami abrasi.

“Kejadiannya sebelum saya menjabat sebagai kepala desa, tapi dampak kerusakan ini kan warga kami yang merasakan,” katanya.(udin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.