Mata Anda Terciprat Cabai? Lakukan 4 Penanganan Mudah Ini

Avatar of PortalMadura.com
Mata Anda Terciprat Cabai? Lakukan 4 Penanganan Mudah Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang tentu pernah terciprat kuah yang pedas dari makanan. Ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari, terutama karena kegemaran banyak orang di Indonesia terhadap makanan pedas.

Terjadinya percikan ini tentu bisa membuat mata menjadi pedas dan perih serta sangat menyiksa. Untuk mengatasi munculnya rasa perih di mata ini, bisa dilakukan sejumlah pengobatan sederhana yang mungkin dilakukan di rumah.

Berikut empat cara untuk menyembuhkan rasa perih di mata akibat terciprat cabai:

Susu
Susu membantu untuk menetralisir capsaicin dalam cabai yang menyebabkan sensasi seperti terbakar. Susu juga akan menghilangkan minyak penyebab rasa perih. Caranya, bilas mata secara perlahan dengan susu sampai Anda merasa lebih baik.

Larutan Garam
Tidak banyak yang tahu bahwa air garam mampu mengobati mata yang perih karena cabai. Cobalah untuk membilas mata dengan air jenis ini. Hindari menyentuh mata karena justru akan mengaktifkan kapiler yang membuat mata lebih sakit.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Goreng Cabai Agar Tak Meletus

Air
Jika tidak ada alternatif lain, air dingin juga bisa digunakan untuk membilas mata. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membasuh dan menenggelamkan mata di dalam air dingin.

Handuk
Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyeka mata menggunakan handuk untuk menghilangkan rasa pedasnya. Tempatkan handuk dingin di mata hingga rasa nyeri serta bengkak yang muncul ini berkurang. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.