oleh

Mati Lampu? Lakukan 8 Aktivitas Ini Agar Si Kecil Tak Bosan

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Saat mati lampu menjadi keadaan yang terkadang membosankan. Karena semua aktivitas yang berhubungan dengan listrik tidak bisa dilakukan. Seperti nonton televisi, melakukan pekerjaan dapur yang menggunakan listrik atau bergantung pada listrik dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, listrik menjadi kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Apalagi mempunyai anak kecil yang merasa bosan atau bahkan ketakutan bila mati lampu untuk melakukan aktivitasnya. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman haibunda.com yng dikutip dari beberapa sumber. Lantas, bagaimana cara agar si kecil tidak merasa ketakutan untuk melakukan aktivitas saat mati lampu?

Berikut ini penjelasannya:

Pergi ke Luar Rumah

Jika mati lampu terjadi siang hari, ajak anak berjalan-jalan ke taman dan jangan lupa bawa payung juga air minum jika cuaca agak panas ya, Bun. Jika mati lampu terjadi malam hari, Bunda dan Ayah bisa mengajaknya keluar rumah dan melihat langit lalu kenalkan mereka pada bulan atau bintang.

Main Board Game

Anak-anak suka bermain. Permainan papan tradisional seperti ludo, ular tangga, bahkan monopoli bisa jadi cara asyik untuk membunuh kebosanan.

Membuat Kemah Api Unggun

Manfaatkan lilin atau senter untuk membuat api unggun. Susun lilin atau senter di tengah-tengah kemudian lakukan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya, nyanyi bareng, bermain tebak-tebakan, dan menyantap camilan.

Loading...

Tebak Gambar

Saat mati listrik di malam hari dan Bunda menyalakan senter atau lilin, pantulan cahaya bisa dijadikan media bermain tebak-tebakan gambar. Bunda bisa membentuk sesuatu dengan tangan di depan lilin hingga bayangannya terpantul di dinding. Lalu, minta anak menebak apa hewan atau sesuatu yang dimaksud. Bahkan, tebak-tebakan ini bisa berlangsung sederhana di mana Bunda meminta anak menebak aktivitas yang diperagakan.

Mendongeng

Anak-anak suka mendengarkan cerita. Dengan sinar lilin temaram di malam hari kala mati listrik, Bunda bisa mendongeng untuk si kecil. Atau, ajak mereka berpartisipasi juga. Terlebih kalau ada boneka atau boneka tangan, Bunda bisa memanfaatkannya sebagai properti.

Baca Juga: Kelabui Petugas, Warga Pasongsongan Buang Dua Poket Sabu 

Berburu Harta Karun

Jika jumlah senter cukup, Bunda bisa meminta anak mencari barang-barang yang sudah ditulis dalam daftar. Apalagi bisa dipastikan Bunda hafal dengan letak barang-barang di rumah kan?

Membuat Kapsul Waktu

Ajak anak menuliskan keinginannya di selembar kertas. Kemudian, masukkan ke kaleng atau kotak yang sudah ditutup dengan plastik atau kertas. Saat listrik sudah menyala, bukalah kertas-kertas tersebut supaya tiap anggota keluarga tahu keinginan anggota keluarga lainnya.

Menggambar

Asal ada penerangan dari senter atau lilin, Bunda bisa mengajak anak menggambar sesuatu yang sederhana. Bahkan, akan jadi hal yang menarik jika kegiatan ini dijadikan kompetisi kecil-kecilan.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: haibunda.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar