oleh

Mau Akun WhatsApp Anda Aman? Lakukan 5 Langkah Ini

PortalMadura.Com – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan instan yang paling banyak penggunanya. Tidak heran, jika Media Sosial (Medsos) yang satu ini menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan cyber. Baik itu mulai dari penipuan, penyebaran hoaks, hingga penyebaran pesan bermuatan malware juga bisa terjadi di WhatsApp.

Karena itu, untuk membantu pengguna melindungi diri sebaik mungkin, tim di balik WhatsApp mengeluarkan sejumlah peringatan agar aman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengamankan akun WhatsApp-nya.

Baca Juga: 3 Cara Kirim Gambar Beresolusi Tinggi Lewat WhatsApp

Berikut ini lima cara mengamankan akun WhatsApp, melansir dari laman Detik.com, Ahad (29/3/2020) :

Two-step Verification (Verifikasi Dua Langkah)

Verifikasi dua langkah adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun. Anda akan diminta membuat pin yang terdiri dari 6 digit nomor dan WhatsApp akan memintanya ketika melakukan reset atau verifikasi akun.

Update Profile Privacy Setting

Anda bisa mengontrol berapa banyak orang yang bisa melihat Last Seen, foto profil dan status Anda di WhatsApp. Untuk mengganti pengaturan ini, Anda bisa masuk ke Settings – Privacy.

Atur Group Chat Privacy Settings

Anda bisa mengontrol siapa yang bisa menambahkan Anda ke sebuah grup WhatsApp. Caranya, masuk ke Settings di WhatsApp – Account Privacy Groups dan pilih satu dari tiga opsi ini: Everyone, My Contacts, atau My Contacts Except.

My Contacts artinya, hanya orang-orang yang ada di kontak Anda yang bisa menambahkan ke grup WhatsApp. My Contacts Except, artinya kontrol tambahan untuk pengecualian orang yang sudah ada di kontak Anda.

Kunci dengan Touch ID atau Face ID

Anda bisa memutuskan apakah ingin WhatsApp secara otomatis segera mengunci ketika tidak digunakan, atau setelah selang waktu beberapa lama tidak aktif. Touch ID (menggunakan sidik jari) atau Face ID (dengan pengenalan wajah) adalah fitur keamanan tambahan yang penting.

Update WhatsApp secara Berkala

Cara amankan WhatsApp terakhir adalah dengan rajin mengupdatenya secara berkala terus meng-update aplikasinya. Itulah sebabnya, selalu ada update fitur dan fitur keamanan baru.

Jika ponsel tidak di-setting untuk auto-update, Anda perlu meng-update aplikasi secara manual dengan mengunjungi toko aplikasi Google Playstore atau App Store, cari WhatsApp, dan tap ‘update‘. Selamat mencoba!

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.