Mau Anak Anda Jadi Survivor di Era Digital? Lakukan 5 Cara Cerdas Ini, Bunda

Avatar of PortalMadura.com
Mau Anak Anda Jadi Survivor di Era Digital? Lakukan 5 Cara Cerdas Ini, Bunda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semakin canggihnya teknologi di zaman sekarang ini tentu memudahkan semua orang dalam kehidupan. Akan tetapi, ada satu hal yang harus orang tua pikirkan mengenai anak-anak mereka yang terkena dampak buruk akan itu.

Membesarkan buah hati di zaman millenial memang membutuhkan usaha ekstra keras dibanding zaman dulu. Menurut laporan yang baru diterbitkan oleh Global Wellness Institute, Wellness in the Age of the Smartphone, revolusi teknologi ini akan mengacaukan segala tren yang tidak terhindarkan.

Selain itu, skala, kecepatan, luas dan kerumitannya pun tidak pernah bisa diukur. Akibatnya, orang tua harus berjuang keras untuk memperkirakan bagaimana gadget akan mengubah pekerjaan sosial, emosional, fisik, dan masa depan anak-anak mereka, entah menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Kendatipun ada banyak ketidakpastian tentang pengaruh gadget bagi perkembangan manusia, data terbaru menyarankan cara cerdas untuk menjaga anak-anak dan remaja Anda tetap sehat di Era Digital.

Berikut ini lima cara membuat anak jadi survivor di era digital:

Kelola Waktu Pemakaian
Ketika orang tua mengatur seberapa lama interaksi anak dengan gadget, mereka membantu anak-anak menemukan cara sehat lain untuk menemukan makna dalam hidup. Anak-anak menciptakan keseimbangan antara berinteraksi dengan teknologi dan mengembangkan hubungan kehidupan nyata.

Kenalkan Aktivitas Fisik
Semakin banyak penelitian menunjukkan, bahwa waktu tayangan berlebih berkontribusi pada ketidakaktifan dan krisis obesitas pada remaja saat ini. Pelajari bagaimana alam menumbuhkan kebahagiaan, dan dorong anak-anak Anda untuk aktif secara fisik seperti membaca buku, berolahraga, dan bermain bersama temannya.

Baca Juga: Aksi Peduli Sosial Babinsa Koramil Tanah Merah Bangkalan

Pantau Kesehatan Mental
Pertumbuhan penggunaan media sosial dan teknologi juga meningkatkan depresi, kecemasan bahkan kasus bunuh diri. Orang tua yang memiliki informasi tentang trauma masa kecil dan gejala penyakit mental dapat bertindak lebih cepat untuk membantu anak-anak yang membutuhkan.

Membina Pertemanan Anda
Sangat mudah untuk membayangkan bahwa media sosial meningkatkan konektivitas dan persahabatan untuk anak-anak. Namun, ada rasa kesepian yang tumbuh pada anak-anak dan remaja saat ini. Orang tua harus mendorong anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan bersama yang menyediakan interaksi sosial secara real time.

Aturan Waktu Tidur
Ada bukti yang berkembang bahwa perangkat digital di kamar tidur menghalangi anak-anak dan remaja saat tidur yang sangat mereka butuhkan. Tetapkan aturan yang akan diikuti oleh seluruh keluarga, biarkan perangkat mengisi daya di tempat lain dalam semalam. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.