oleh

Mau Biaya Renovasi Rumah Hemat? Yuk Ikuti 6 Cara Ini

PortalMadura.Com – Merenovasi rumah di zaman sekarang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebab, bahan-bahan material dan peralatan rumah terbilang cukup mahal. Apalagi ditambah dengan pemilihan rumah yang kekinian atau rumah instagenic, biasanya anggarannya akan semakin banyak.

Nah, apakah Anda salah satu orang yang ingin merenovasi rumah tapi mempunyai biaya yang pas-pasan?. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba lakukan agar dalam mempercantik rumah biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

Tentukan Seberapa Besar Budget yang Tersedia
Sebelum memulai renovasi rumah, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan seberapa besar budget yang tersedia untuk menyelesaikan renovasi ini. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan dana yang ada dengan kebutuhan renovasi, sehingga tidak menguras biaya yang tidak perlu seiring dengan prosesnya yang berlangsung.

Buat Rancangan Bagian yang Ingin Direnovasi
Jika sudah memiliki anggaran dana, saatnya merancang bagian mana yang ingin direnovasi. Buatlah skala prioritas renovasi yang akan dilakukan dan berpedomanlah pada tujuan tersebut. Misalnya, jika di awal tujuan Anda adalah untuk membangun kamar anak atau memperluas ruang tamu, pastikan tidak ada agenda renovasi tambahan seiring prosesnya berlangsung. Hal ini sangat penting untuk menjaga pengeluaran agar tidak membengkak.

Beli Bahan Bangunan Sendiri
Membeli material bangunan memang terlihat merepotkan. Apalagi buat Anda yang disibukkan dengan kerjaan sehari-hari. Tapi, kalau mau renovasi rumah lebih hemat, membeli bahan bangunan pun harus diperjuangkan sendiri. Sebab, jika menitipkannya pada orang lain, Anda harus membayar biaya lebih untuk mereka.

Pengeluaran seperti itu harusnya bisa diminimalisir untuk membuat biaya renovasi Anda tetap sesuai anggaran. Lagipula, membeli bahan bangunan sendiri asyik kok. Anda bisa lebih bebas memilih mana yang paling cocok untuk kebutuhan di rumah.

Memilah Bahan Bangunan yang Masih Bisa Digunakan
Jika ada material bangunan di rumah yang masih berada dalam kondisi prima, tidak ada salahnya kok untuk digunakan kembali. Hal ini bisa membantu menghemat biaya renovasi rumah jadi lebih hemat karena ada banyak biaya yang bisa dipangkas.

Jeli Memilih Tukang Bangunan
Memilih tukang bangunan pun harus yang terpercaya. Selain yang punya skill mumpuni, Anda juga perlu memperhatikan cara dia bekerja. Terlalu mengulur-ulur waktu renovasi bisa membuat biayanya semakin membengkak. Di beberapa kota besar sudah ada jasa kontraktor freelance yang menangani renovasi rumah. Jika Anda berminat menggunakan jasa mereka juga, pastikan pilih yang memiliki review positif agar proses renovasi bisa berjalan dengan lancar.

Rencanakan Dana Darurat
Meskipun sudah direncanakan sedemikian rupa, tapi Anda tetap membutuhkan dana darurat jika sewaktu-waktu renovasi rumah membutuhkan biaya tambahan. Jika tabungan belum mencukupi untuk kebutuhan dana darurat ini, coba saja mengajukan pinjaman tanpa agunan yang bisa diakses secara online.

Itulah beberapa cara hemat untuk merenovasi rumah tapi biaya tidak sampai membengkak. Semoga bermanfaat. (merdeka.com/Putri)

Loading...