Mau Bikin Bakso Beranak? Ini Dia Resepnya

Avatar of PortalMadura.com
Mau Bikin Bakso Beranak? Ini Dia Resepnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu makanan yang disukai banyak orang yaitu bakso. Makanan ini tidak hanya memiliki rasa yang sedap, tapi selalu saja ada ide-ide baru untuk menarik minat penikmatnya, sehingga membuat mereka ketagihan ingin mencobanya.

Bakso yang populer saat ini yaitu bakso beranak. Ukurannya yang besar dan saat dibelah isinya banyak membuat bakso ini memang terlihat beranak. Anda mungkin berpikiran bahwa cara bikin bakso beranak sangat sulit. Padahal tidak demikian, Anda bisa membut sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang lengkap seperti di bawah ini.

Tertarik untuk mencoba?. Yuk intip resepnya di sini:

Bahan yang Dibutuhkan:

Daging sapi sebanyak 500 g, potong kotak-kotak
Es batu sebanyak 100 g, diserut atau dihancurkan
Tepung sagu sebanyak 100 g
Garam sebanyak 1 sdm
Bawang merah sebanyak 5 butir, iris halus
Bawang putih sebanyak 4 siung, iris halus
Lada bubuk sebanyak 1 sdt
Kaldu bubuk sebanyak 1 sdt
Telur puyuh rebus sebanyak 6 butir bila suka, kupas dan sisihkan

Bahan Kuah:

Bawang putih sebanyak 5 siung dicincang halus lalu digoreng
Lada bubuk sebanyak 2 sdt
Tulang sapi sebanyak 250 g
Air sebanyak 2 liter

Bahan Pelengkap:

Daun bawang sebanyak 2 batang, dirajang halus
Daun seledri sebanyak 2 batang, dirajang halus
Kaldu bubuk secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Garam secukupnya
Saus sambal
Kecap manis

Cara Membuat Bakso Beranak:

Tumis irisan bawang merah dengan minyak goreng secukupnya hingga harum lalu masukkan juga irisan bawang putih, goreng hingga warnanya kuning kecokelatan dan matang lalu sisihkan.

Ambil panci ukuran sedang dan isi dengan air yang cukup untuk merebus bakso yang akan dibuat.

Masukan potongan daging sapi, es batu yang sudah dihancurkan, serta bawang merah dan putih goreng ke dalam blender atau food processor dan proses hingga daging sapi menjadi benar-benar halus.

Kemudian, tuang daging sapi yang sudah digilang ke dalam wadah, lalu bumbui dengan kaldu bubuk, lada bubuk, garam, dan aduk hingga rata. Masukan pula tepung sagu sedikit demi sedikit sambil uleni daging hingga rata.
Gunakan tangan yang sudah dibungkus plastik untuk menguleni bila perlu. Sesudah rata, bagi menjadi dua adonan.

Selanjutnya, didihkan air di dalam panci yang tadi sudah disiapkan. Kemudian adonan bakso dibentuk menjadi bulatan dengan menggunakan tangan.

Caranya yaitu taruh kira-kira sesendok adonan di telapak tangan kiri, lalu remas adonan hingga terbentuk bulatan kecil di lubang antara telunjuk dan ibu jari. Ambil bulatan itu menggunakan sendok lalu masukkan ke dalam air mendidih di dalam panci. Lanjutkan hingga sebagian adonan selesai dijadikan bakso ukuran kecil.

Setelah air di dalam panci yang digunakan untuk merebus bakso kembali mendidih dan baksonya mulai mengapung, biarkan dulu sebentar. Pastikan bakso sudah benar-benar matang baru diangkat dan ditiriskan.

Selanjutnya buat bakso besarnya. Caranya yaitu, ambil mangkok berbentuk bulat dan gunakan sebagai cetakan. Olesi dulu dengan minyak goreng supaya baksonya tidak lengket, lalu masukkan adonan bakso ke dalam mangkok dan buat bentuk cekungan. Masukan bakso kecil dan telur puyuh rebus bila suka ke dalam cekungan itu, lalu rapatkan sehingga terbentuk bulatan besar dengan telur puyuh dan bakso ukuran kecil di dalamnya.

Lalu, masukan bakso ukuran besar tadi ke dalam panci tempat merebus bakso dan masak hingga betul-betul matang dan mengapung. Angkat bakso dan segera tiriskan.

Cara Membuat Kuah Bakso:

Tuangkan 2 liter air ke dalam panci berukuran cukup besar, masukkan juga tulang sapi dan bumbunya yaitu lada putih bubuk dan bawang putih goreng. Selanjutnya masak hingga airnya mendidih.

Begitu kuahnya mendidih, kecilkan apinya dan rebus kembali setidaknya 30 menit hingga 1 jam hingga keluar kaldunya.

Cara Menyajikan Bakso:

Masukan dulu bakso ke dalam panci tempat merebus kuah dan masak hingga mendidih.

Siapkan mangkuk saji, beri irisan daun bawang dan seledri, bawang goreng, garam dan kaldu bubuk secukupnya, juga saus sambal dan kecap manis.

Ambil bakso dan masukkan ke dalam mangkuk saji, lalu tuangkan kuahnya. Nikmati bakso selagi masih panas. Belah tengahnya hingga keluar ‘anaknya'. Wow, dijamin rasanya tidak akan jauh berbeda dengan yang ada di pasaran. Selamat mencoba. (resepnasional.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.