oleh

Mau Hilangkan Noda Darah di Pakaian? Yuk, Manfaatkan 5 Bahan Rumahan Ini

PortalMadura.Com – Saat pakaian terkena noda darah tentu sangat menjengkelkan karena seringkali sulit dibersihkan. Sebagian orang biasanya menggunakan produk pemutih yang justru kadang membuat pakaian jadi rusak.

Untuk menghindari hal tersebut, ternyata beberapa bahan rumahan bisa Anda manfaatkan untuk membersihkannya. Apa saja?.

Selamat Ibadah Puasa

Berikut lima bahan rumahan yang efektif menghilangkan noda darah:

Cuka
Noda darah sebaiknya segera dibersihkan dari pakaian karena akan lebih mudah hilang sebelum meresap, setidaknya dalam 24 jam. Anda bisa memanfaatkan cuka untuk membuatnya lebih mudah dihilangkan. Rendam selama 5-10 menit dalam cuka kemudian keringkan dengan kain atau handuk. Ulangi langkah itu jika diperlukan, lalu segera cuci pakaian tersebut.

Soda
Soda bisa menjadi pilihan untuk membersihkan noda darah pada pakaian ketika Anda berada di luar rumah. Daripada menunda membersihkan noda tersebut saat tiba di rumah, lebih baik segera membersihkannya menggunakan soda. Merendam bagian yang terkena darah dalam cola akan lebih baik.

Tepung Kanji
Semakin segera penanganan Anda terhadap noda darah, akan lebih bersih hasilnya. Buatlah pasta dari campuran tepung kanji dan air. Bubuhkan di atas noda darah dan gosok lembut. Setelah itu, jemur kain hingga kering. Saat sudah kering, bersihkan noda-noda sisa. Jika noda darah belum hilang sepenuhnya, ulangi proses itu kembali.

Bedak Tabur
Bedak tabur juga bisa menjadi alternatif penghilang noda darah. Buatlah pasta dari campuran air dan bedak tabur, kemudian bubuhkan di atas noda. Ketika sudah mengering, sikat noda darah tersebut. Jika tidak memiliki bedak tabur, Anda bisa menggantinya dengan tepung kanji atau tepung jagung.

Air Garam Dingin
Ketika mendapatkan noda darah, lakukan penanganan sesegera mungkin. Misalnya, dengan merendam pakaian tersebut dalam air garam dingin. Rendam selama 3-4 jam, gosok noda darah dengan deterjen cair kemudian cuci.

Lantas, metode mana yang paling Anda sukai?. Apapun cara yang Anda ambil, semoga sukses membersihkan noda darah pada pakaian Anda. (kompas.com/Salimah)


Komentar