Mau Jadi Pribadi yang Kuat? Begini Cara Kelola Emosi

Avatar of PortalMadura.com
Mau Jadi Pribadi yang Kuat? Begini Cara Kelola Emosi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti ingin memiliki kekuatan agar bisa bertahan dengan tantangan hidup. Kekuatan yang dimaksud di sini yaitu sesuatu yang bisa memotivasi diri untuk mewujudkan apa yang diinginkan.

Apapun profesinya, semua orang tentu ingin punya kekuatan untuk bisa maju dan berhasil. Akan tetapi kekuatan itu tidak serta merta selalu ada. Sebab, ada kalanya tingkat kekuatan menjadi lemah dan tidak berdaya sehingga sulit dalam melakukan apapun.

Menurut penulis buku Power vs Force, Davis Hawkins, mendefinisikan kekuatan diri bukanlah pengalaman sensorik, penampilan luar, perasaan atau financial yang seimbang, namun ini adalah kesadaran akan potensi diri. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu bisa terjadi.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan diri:

Cinta
Dalam penelitiannya, Hawkins menjabarkan bahwa dalam hal mencintai seharusnya bukan berlandaskan dari sebuah hubungan. Mencintai sifatnya permanen, tidak berubah dan tidak bersyarat.

Sayangnya orang-orang yang mengalami ini sangat langka. Berapa banyak orang yang bisa terus mencintai tanpa syarat selamanya?. Jumlahnya sangat sedikit. Menurut hawkins hanya 0,4 persen populasi penduduk dunia yang mengalaminya.

Kesenangan
Rasa senang, menikmati, nyaman dengan apa yang dijalani bahkan lebih langka dialami masyarakat dunia. Hanya orang-orang yang sabar, berpegang teguh dengan apa yang dijalani dan melakoninya dengan perangai yang positif yang bisa merasakannya. Seperti yang dialami oleh para tokoh spiritual, yogi ataupun tabib.

Damai
Sayangnya, hanya 1 dari 10 juta orang di dunia yang benar-benar berada dalam rasa damai ini. Mereka bisa menjalani kehidupan dengan pandangan yang cerah, berseri-seri, dan mudah memaafkan. Orang-orang yang sangat langka ini menyingkirkan diri mereka dari hiruk pikuk duniawi. Mereka lebih memilih tinggal berdampingan dengan alam sebagai tempat yang memberi mereka kebahagiaan.

Melihat begitu sedikitnya faktor kekuatan diri bisa dimiliki seseorang secara konsisten, maka perlu melakukan perlawanan terhadap hal-hal yang membuat Anda merasa lemah, tidak berdaya, tidak memiliki kekuatan untuk mewujudkan impian.

Banyak orang pasti ingin memiliki hidup yang bahagia, gembira, bisa menyayangi dan disayangi, damai dan sehat. Semua berkaitan pula dengan pengelolaan emosi. Emosi manusia sering diwarnai dengan kondisi yang tidak stabil. Marah, cemas, sedih sangat mengganggu seseorang untuk memaksimalkan kekuatan dirinya.

Lantas, bagaimana cara mengontrol emosi?. Berikut tiga cara atasi emosi negatif yang datang:

1. Banyak hal yang datang dalam kehidupan dan sifatnya bermacam-macam. Jika Anda menerima apapun yang datang tanpa perlawanan, membiarkannya menghampiri karena memang begitulah adanya, maka rasa damai kondusif untuk diwujudkan.

2. Lepaskan diri, buat keadaan diri merasa santai dan rileks. Jangan lupa untuk menghirup udara segar agar lebih nyaman.

3. Sadarilah bahwa Anda memang memiliki kekuatan diri dan selamanya kekuatan itu milik Anda bukan orang lain.

Semoga semakin banyak orang yang bisa mengelola emosinya untuk memaksimalkan kekuatan dirinya. Dengan menyadari kekuatan diri dan mengoptimalkannya untuk mewujudkan banyak hal, maka kebahagiaan akan semakin dirasakan banyak orang. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.