Mau Kentut Anda Tak Bau Busuk? Ikuti 6 Cara Mudah Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Kentut Anda Tak Bau Busuk? Ikuti 6 Cara Mudah Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Buang angin atau kentut merupakan proses alami yang berasal dari dalam tubuh. Orang yang mengalami hal ini adalah normal dan menandakan kalau pencernaan seseorang sehat. Nah, tapi jika kentut seseorang berbau tajam, mungkin ada masalah dengan jenis makanan yang mereka konsumsi.

Menurut sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa setiap individu bisa kentut sebanyak 12 kali dalam sehari. Kentut terdiri dari gas seperti oksigen, nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Jika kentut Anda berisi gas-gas ini maka tidak akan jadi bau.

Akan tetapi, jika ada penambahan zat sulfat di dalamnya, kentut pun akan berbau tidak enak. Karena sulfat berasal dari pembusukan bakteri yang ada dalam perut. Anda sendiri sering malu karena kentut Anda berbau tidak enak?.

Jika begitu, berikut enam cara bikin bau kentut Anda tidak bau busuk:

Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak
Dalam rangka mengurangi bau kentut yang mengganggu, kurangi konsumsi makanan berminyak, berlemak, serta mengandung zat pemanis buatan. Sebab kandungan lemak dan minyak akan menyebabkan peningkatan produksi gas di usus.

Sementara sorbitol dalam makanan yang mengandung pemanis buatan akan menghasilkan aroma kentut yang bau.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah
Kandungan serat dalam sayur dan buah tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun juga bisa membuat kentut Anda jadi tidak berbau. Sebab serat akan mencegah akumulasi kotoran di usus yang kemudian menghasilkan bau.

Rajin Minum Teh Herbal
Rajin minum teh herbal ternyata juga bisa membuat kentut jadi tidak bau. Karena, kandungan zat alami di dalam teh herbal seperti teh hijau, teh chamomile, atau teh peppermint akan mengurangi bakteri penyebab kentut jadi bau.

Mengubah Pola Makan
Para ahli mengatakan bahwa 50% dari produksi gas berasal dari udara yang tertelan ketika Anda sedang makan atau minum. Untuk mencegah kentut bau, kunyahlah makanan secara perlahan. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung soda di dalamnya.

Mengurangi Konsumsi Produk Olahan Susu
Susu dan produk olahannya butuh waktu lama untuk dicerna. Hal inilah yang kemudian membuat kentut jadi bau. Hal yang sama berlaku pula pada Anda yang alergi akan protein susu.

Hindari Makanan Kaya Sulfur
Mengurangi konsumsi makanan yang kaya sulfur adalah cara lain untuk membuat kentut tidak lagi bau. Contoh makanan tinggi sulfur adalah bawang-bawangan, telur, dan daging merah.

Oleh karena itu, jika ingin kentut Anda tidak berbau busuk, kurangi konsumsi makanan di atas. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.