Mau Kulit Tetap Awet Muda? Lakukan 6 Kebiasaan Ini di Malam Hari

Avatar of PortalMadura.com
Mau Kulit Tetap Awet Muda? Lakukan 6 Kebiasaan Ini di Malam Hari
ilustrasi

PortalMadura.Com – Merawat kulit agar tetap terlihat indah tidak hanya di pagi hari saja, tapi beberapa kebiasaan sederhana di malam hari sebelum tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Mungkin ada sebagian wanita yang cuek dengan ritual kecantikan sebelum tidur. Padahal malam adalah waktunya kulit untuk memperbaiki diri dan beregenerasi. Pasalnya, proses beregenerasi itu akan lebih maksimal apabila Anda melakukan kebiasaan yang dapat menunjangnya sebelum Anda terlelap.

Berikut enam kebiasaan sederhana yang harus dipelihara sebelum tidur agar saat bangun tidur Anda mendapati kulit tampak lebih indah dan segar:

Pilih Menu Makan Malam yang Mengandung Serat
Untuk pilihan menu makan malam, Anda harus lebih selektif. Bukan semata-mata untuk diet, tapi juga untuk kebaikan kulit. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung lemak, minyak, dan karbohidrat, karena jenis makanan ini dapat memicu terbentuknya jerawat.

Pilihlah makanan yang kaya akan serat, meskipun kuantitasnya tidak banyak tapi tetap bisa membuat perut Anda kenyang. Sayuran berserat tinggi bisa jadi pilihan yang tepat, karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang dapat menunjang proses regenerasi kulit Anda di malam hari.

Minum Air Putih yang Cukup Sebelum Tidur
Minum air putih secukupnya sebelum tidur itu penting. Terlebih lagi jika Anda sehabis mengonsumsi banyak minuman yang mengandung banyak gula, soda atau alkohol.

Selama Anda terlelap kurang lebih selama 5 jam, Anda tidak akan minum, sehingga risikonya kulit akan kekurangan pasokan air. Akibatnya adalah dehidrasi, dan saat bangun pagi Anda akan mendapati kulit Anda kusam dan kurang segar.

Dengan minum air putih, setidaknya pasokan air masih bisa terpenuhi. Kulit bagian yang terdalam bisa terus terjaga kelembapannya, dan proses regenerasi bisa berlangsung lancar.

Hentikan Kebiasaan Tidur dengan Keadaan Kotor
Selalu biasakan untuk membersihkan kulit terlebih dulu sebelum menyentuh kasur Anda. Sebagai antisipasi terserang sindrom malas, maka lebih baik buru-buru basuh kulit Anda dengan air sampai bersih mulai dari wajah hingga kaki.

Apabila Anda sudah mandi di sore harinya, maka cuci tangan dan kaki Anda dengan air saja agar kotoran-kotoran yang menempel dapat luntur. Sedangkan untuk wajah, bersihkan menggunakan cleanser.

Membiarkan kulit dalam keadaan kotor semalaman membuat kulit Anda kusam keesokan harinya. Selain itu, bekas-bekas keringat dapat mengundang perhatian bakteri untuk berkumpul di kulit. Bakteri inilah yang dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit Anda.

Rutin Oleskan Krim Pelembap Malam
Di sinilah peran penting dari krim pelembap malam. Pada saat proses regenerasi terjadi, kulit membutuhkan banyak air untuk membelah diri. Kulit yang terlalu kering dapat menghambat berjalannya proses regenerasi, bahkan bisa-bisa gagal terjadi.

Apabila kulit gagal untuk beregenerasi, akibatnya adalah kulitmu jadi kusam, kering dan tidak mulus karena sel kulit yang rusak gagal untuk diperbaiki dan diperbarui. Itulah sebabnya, mengapa Anda wajib menggunakan pelembap kulit sebelum tidur. Tidak hanya melembapkan, krim malam memiliki nutrisi yang berfungsi untuk memperbaiki sel kulit.

Hindari Tidur Terlalu Larut Malam
Begadang atau tidur terlalu larut malam sangat berpengaruh pada seluruh organ tubuh Anda termasuk kulit. Jam biologis yang kacau akan merusak sistem metabolisme tubuh dan regenerasi kulit.

Tidur terlalu malam adalah salah satu pemicu utama terjadinya stres, sehingga mengakibatkan jerawat, produksi minyak berlebih, dan bahan proses regenerasi kulit jadi tidak sempurna. Bila ini terjadi, kulit akan lebih cepat mengalami penuaan dini. Anda tentu tidak ingin terlihat lebih tua dari usia Anda hanya karena terlalu sering begadang, bukan?. Tidurlah lebih awal, yaitu sebelum pukul 10 malam sehingga Anda bisa mendapat jam istirahat yang cukup.

Disarankan untuk Tidur dengan Posisi Terlentang
Posisi tidur ternyata dapat mengubah tekstur kulit Anda. Sebab, tidur dengan posisi miring dalam intensitas yang terlalu sering dapat menimbulkan garis atau lekukan pada kulit Anda, dan lekukan tersebut bisa bersifat permanen!.

Untuk menghindari terbentuknya keriput akibat posisi tidur yang tidak tepat, pilihlah posisi tidur terlentang. Tidur terlentang memiliki risiko paling sedikit terbentuknya lekukan atau kerutan pada tekstur kulit. (ledisia.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.