Mau Lulus Kuliah Langsung Kerja? Lakukan 5 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Mau Lulus Kuliah Langsung Kerja? Lakukan 5 Hal Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setelah pasti ingin segera mendapat pekerjaan yang tepat sesuai minat dan penghasilan yang diinginkan. Namun, biasanya sebagian besar perusahaan lebih menginginkan karyawan yang berpengalaman di bidang pekerjaan yang dibutuhkan.

Sebagai lulusan baru dan belum memiliki pengalaman kerja tentunya akan sedikit menyulitkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memperoleh pekerjaan dengan cepat dan mudah. Karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa cepat dapat kerja setelah lulus kuliah. Penasaran?

Berikut penjelasannya:

Temukan Passion Anda Sejak Awal
Menjalani sesuatu yang disukai tentu akan jauh lebih mudah dan menyenangkan, di mana Anda bisa merasa nyaman dan memiliki semangat yang tinggi untuk selalu mengerjakannya.

Inilah alasan banyak orang untuk selalu berupaya menemukan passion mereka. Pastikan Anda juga menemukan passion sejak awal, sehingga Anda lebih mudah mengarahkan minat dan juga kemampuan yang Anda miliki ke arah tersebut.

Hal ini juga akan membuat Anda lebih mudah untuk memotivasi diri dan merencanakan masa depan Anda dengan lebih jelas.

Maksimalkan Aktivitas yang Berhubungan dengan Passion
Jangan hanya ditemukan saja, passion Anda juga perlu digali dan dikembangkan secara maksimal. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari berbagai aktivitas yang berkaitan dengan passion tersebut, terutama yang bisa mendukung perkembangan karier Anda di masa yang akan datang.

Teruslah belajar dan mengembangkan diri, sehingga Anda bisa mengatasi berbagai kendala yang mungkin datang kapan saja di bidang yang digeluti. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki berbagai kekurangan Anda di bidang tersebut.

Rencanakan Karier Anda Sejak Awal
Susun juga rencana yang tepat untuk karier Anda, sehingga Anda bisa mengarahkan aktivitas apa saja yang perlu dilakukan guna meraihnya. Buatlah rencana yang matang terkait dengan karier Anda di masa yang akan datang, termasuk berbagai upaya yang perlu Anda lakukan untuk menuju kesuksesan.

Anda bisa menyusun ini sendiri dengan cara mempertimbangkan berbagai aspek yang berhubungan dengan hal tersebut. Namun jika perlu, tidak ada salahnya untuk melibatkan orang lain dan berkonsultasi dengan mereka yang sudah berpengalaman.

Diskusikan hal ini kepada orang yang sudah berpengalaman dan Anda anggap tepat, seperti orangtua, guru/dosen, ahli yang secara khusus menangani hal tersebut, dan pihak lainnya yang kamu anggap tepat.

Siapkan Lamaran dan Juga Dirimu
Berbagai informasi lowongan kerja kerap datang dengan tiba-tiba, sebab sistem online memudahkan informasi tersampaikan dengan lebih mudah dan cepat. Artinya, Anda harus selalu siap sedia untuk melamar pekerjaan, kapan pun lowongan tersebut dibuka.

Siapkan draft CV (resume) sejak awal, agar Anda bisa melamar dengan mudah dan cepat ketika ada lowongan. Luangkan waktu untuk membuat CV yang tepat dan menarik, sehingga resume ini berkualitas dan tidak asal jadi saja.

Selain itu, pastikan Anda juga terus mengasah kemampuan dengan baik, yakni terus belajar dan belajar lagi. Hal ini penting, mengingat Anda baru akan bekerja untuk pertama kalinya.

Asah juga kemampuan Anda untuk menghadapi interview dan test lainnya yang dibutuhkan dalam proses melamar pekerjaan. Semua ini akan membuat Anda lebih siap guna mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

Persiapan yang Matang dan Maksimal
Untuk Anda yang baru lulus dan akan bekerja pertama kalinya, pastikan telah memiliki persiapan yang matang dalam hal ini. Lakukan semua hal yang bisa membuat Anda nyaman dan memiliki kemampuan baik dalam mendapatkan pekerjaan, sehingga Anda benar-benar siap untuk mendapatkan pekerjaan pertama Anda dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba! (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.