Mau Samarkan Bekas Luka Bakar? Gunakan 6 Bahan Alami Ini

Avatar of PortalMadura.com
Mau Samarkan Bekas Luka Bakar? Gunakan 6 Bahan Alami Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengalami luka bakar akibat terkena api, knalpot, atau benda panas lainnya terkadang bisa membuat penderitanya ketakutan. Sebab, rasa sakit yang dialami penderita bisa terasa panas dan terkadang berisi cairan.

Namun, ternyata luka bakar ini bisa disamarkan dengan bahan-. Terutama luka bakar tingkat satu, yang hanya memengaruhi lapisan kulit terluar.

Nah, bagi Anda yang memiliki luka bakar di betis, tangan, dan area lainnya, berikut enam bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menyamarkannya:

Madu
Madu digunakan sebagai bahan pembantu untuk mempercepat penyembuhan luka pada bisul, infeksi, dan luka bakar. Madu juga membantu dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka bakar dan bahkan membantu memudarkan bekas luka bakar hingga delapan puluh persen.

Lidah Buaya
Bahan alami satu ini terkenal memiliki manfaat menyamarkan luka. Getah tumbuhan berkhasiat ini juga dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi, termasuk luka bakar.

Kunyit dan Susu
Kunyit memiliki sifat antiinflamasi serta antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka bakar. Sementara susu membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan menghilangkan bekas luka yang tertinggal.

Tomat, Putih Telur dan Yoghurt
Dengan khasiat menyejukkan kulit yang dimilikinya, tomat dapat membantu mencerahkan warna kulit di area yang mengalami luka bakar. Sementara itu, yogurt dan putih telur juga membantu memudarkan bekas luka bakar.

Baca Juga: Wilayah Kota Sampang Tergenang Luapan Air Sungai Kemuning

Kentang
Cairan getah yang dimiliki kentang efektif untuk mencerahkan kulit, menyamarkan kantung mata, dan membantu memudarkan bekas luka bakar jika digunakan secara teratur.

Bawang Merah dan Lavander
Bawang merah mengandung sulfur dan quercetin yang dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar yang membandel, sedangkan minyak esensial lavender memiliki sifat antiseptik yang ampuh dalam membantu menenangkan kulit yang terbakar dan teriritasi. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.