Mau Skripsi Selesai dalam waktu 2 bulan? Ini tipsnya!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Skripsi Selesai dalam waktu 2 bulan? Ini tipsnya!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi mahasiswa, cobaan terberat semasa kuliah adalah mengerjakan tugas akhir, yaitu skripsi. Skripsi bagi sebagian mahasiswa merupakan momok yang menakutkan.

Tidak sedikit orang mengaku bahwa momen tersebut adalah saat terberat selama mengamban status sebagai mahasiswa. Ada banyak pula yang mengaku gagal mengemban gelar sarjana karena tak mampu menyelesaikan skripsinya. Tapi nih, sebetulnya skripsi gak sesulit itu kok. Asalkan tahu tips dan triknya, skripsi bisa selesai hanya dalam waktu 2 bulan lho, guys. Penasaran? Langsung simak di bawah ini.

1. Buat para aktivis, anggota komunitas atau pekerja sambilan, relakan kegiatanmu, demi masa depanmu

Salah satu jenis mahasiswa, yang skripsinya ga kelar-kelar adalah mahasiswa yang super sibuk! Entah di organisasi, komunitas ataupun sedang bekerja. Coba deh kurangin kesibukanmu atau ambil cuti (jika bekerja), resign jika perlu. Pengorbanan yang paling besar untuk skripsi itu waktu. Kamu harus bertahan lebih lama dan fokus mengerjakan agar segera selesai. Saat skripsi selesai, kamu bebas mau mengerjakan apapun yang kamu mau.

2. Cari yang sebuah penelitian yang menarik dan sesuai dengan passion-mu

Kebiasaan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, yaitu malas. Sikap ini yang paling sulit dihindari. Belum lagi udah semangat kerjain skripsi, waktu menghadap dosen, dapat revisi segunung.

Nah! Cara mengatasinya, cari penelitian yang sesuai dengan minat kamu. Hal ini bisa membantu mengangkat semangatmu untuk mengerjakan! Misalnya, kamu mahasiswa jurusan komunikasi, dan bekerja di radio. Boleh tuh dijadikan sebuah penelitian,”Pola komunikasi pendengar dengan penyiar radio saat request lagu”. Setelah menemukan fenomena, cari jurnal yang sesuai dan teori yang ingin kamu gunakan. That’s simple!

3. Ajak dirimu untuk tenggelam dalam penelitian

Setelah mengurangi kegiatan dan menentukan tema yang menarik untuk diteliti, masih ada satu hal yang bisa mengganggumu. Tak lain dan tak bukan, gadget! Media sosial yang aktif, sukar membuat kita fokus.

Saat memulai pekerjaanmu, sebaiknya matikan telepon pintar atau paket datamu, lalu fokus dalam pengerjaan. Kalau kamu berhasil melewati fase ini, mengerjakan skripsi, bukan lagi hal mustahil. Perlu diingat, skripsi tidak untuk selamanya! Betul?

4. Jangan kerjakan skripsi di tempat nongkrong

Hayo.. ngaku deh, udah berapa kali ngerjain skripsi di kafe? Apakah ada perkembangan yang baik? Atau malah rumpi sama teman – teman? Jawab sendirilah ya…

Mengerjakan skripsi dengan teman – teman diperbolehkan, tapi kalau kerjainnya sambil ngemil burger atau french fries, jadinya malah ngobrol kemana – mana. Lebih baik, kalau mengerjakan skripsi di tempat yang tenang, dan bisa membuatmu fokus. Perpustakaan bisa menjadi pilihan, atau bergabung di club riset.

5. Bergabung di club riset atau skripsi

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah bergabung dengan club riset. Biasanya di dalam club ini, ada mentor atau pendamping yang bakal membantu kamu untuk diskusi tentang penelitian. Selain itu, ada teman – teman seperjuangan yang lainnya, yang bikin kamu makin giat. Jadi, tunggu apalagi, join club riset di kotamu.

6. Berdoa selalu, bersyukur kemudian
Poin ini paling penting. Berjuang keras boleh, jangan lupakan berdoa. Skripsi bagus, tapi tuhan belum memberikan jalan, mau dikata apa. Berdoa itu butuh, bersyukur itu perlu.

Sudah siap lulus dalam waktu 2 bulan? Pilihannya ada di tangan kamu. Bergeraklah meraih mimpi, berjuanglah tak kenal henti. Karena skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. (kitamuda.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.