oleh

Mau Sukses Berbisnis Fashion? Ikuti 5 Cara Ini

PortalMadura.Com – Tren fashion selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Sehingga hal ini menjadi patokan orang-orang yang berbisnis di dunia fashion agar pangsa pasar semakin meningkat. Karena saat ini hampir semua kalangan sangat memperhatikan penampilan utamanya fashion.

Sehingga peluang untuk berbisnis fashion semakin terbuka. Nah, bagi Anda yang ingin terjun di dunia bisnis fashion, jangan lupa untuk memerhatikan beberapa hal ini agar sukses. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Sesuaikan dengan Pangsa Pasar
Setiap negara biasanya memiliki demam fashionnya masing-masing. Walaupun kota mode ada di paris, tapi setiap negara pasti punya mode-mode fashion yang sesuai dengan minat dan kelas masyarakatnya.

Misalnya di Asia, banyak negara berkembang dengan masyarakat kelas menengah. Anda bisa memproduksi fashion yang sesuai dengan karakter dan selera pasar orang-orang Asia. Anda juga perlu memperhatikan harga jual untuk menyesuaikan target pasar yang ditetapkan.

Pantau Media Sosial
Di era digital ini, peran dunia maya tidak bisa dipandang sebelah mata. Begitu pula kepopuleran suatu merek atau fashion yang sedang booming di dunia maya. Ini karena informasi sangat mudah dan cepat tersebar di media sosial.

Oleh karena itu, terus pantau perkembangan media sosial yang ada untuk mengikuti tren mode yang tengah ‘menjamur’ atau paling banyak dimintai pasar. Selain itu, media sosial juga jadi tempat yang cukup efektif untuk mempromosikan bisnis, bukan?

Pilih Tenaga Ahli untuk Merek yang Dikembangkan
Jika Anda seorang fashion designer, pastinya Anda sudah merancang sebaik mungkin mode yang akan dipasarkan. Tapi, apakah desain tadi dikerjakan dan dijalankan oleh orang-orang yang tepat?

Maksudnya, Anda juga harus memilih orang-orang yang ahli pada bidangnya, untuk urusan branding, pemasaran, penjualan, dan lain sebagainya. Sebab percuma jika desain dan mode Anda bagus, tapi tak banyak orang tahu karena pemasarannya buruk atau pelayanan purna jualnya yang sulit. Maka lakukan kerjasama dengan baik.

Cari Vendor yang Murah dan Berkualitas
Setiap pengusaha pastinya menginginkan keuntungan maksimal untuk setiap bisnis yang dikembangkannya. Oleh sebab itu, semua biaya produksi haruslah dihitung dengan benar sebelum menentukan harga jual suatu produk.

Untuk itu, pemilihan vendor sangatlah penting. Carilah vendor yang murah dan berkualitas, tapi jangan asal murah saja. Kalau murah tapi kualitasnya murahan, ini juga akan merugikan Anda nantinya.

Belajar dari yang Sudah Pernah
Bila masih pemula, tidak ada salahnya belajar dari yang sudah ahli. Jika Anda memiliki teman atau relasi yang sudah lebih dahulu berbisnis di dunia fashion, tidak usah sungkan untuk bertanya dan belajar dari mereka.

Sebab mereka lebih dahulu tahu tentang rintangan yang akan dihadapi saat memulai bisnis di dunia fashion. Ibaratnya mereka sudah makan asam garam dunia fashion lebih dahulu. Anda tentu saja bisa belajar dari mereka, bagaimana strategi pemasaran mereka, bagaimana mereka menganalisis pasar, dan sebagainya. (liputan6.com/Desy)

Loading...