Mau Tahu Keistimewaan dan Hikmah Nuzulul Quran? Yuk, Baca Disini!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Tahu Keistimewaan dan Hikmah Nuzulul Quran? Yuk, Baca Disini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada bulan Ramadan puasa diwajibkan, Alquran sebagai petunjuk bagi umat Islam juga diturunkan, tepatnya pada tanggal 17 Ramadan.

Alquran diturunkan oleh Allah melalui Malaikat Jibril kepada Rasulullah. Peristiwa ini disebut dengan Nuzulul Quran. Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Alquran adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting mengenai penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir, yakni Nabi Muhammad SAW.

Wahyu pertama yang diturunkan kepada Rasulullah, yaitu surah al-Alaq ayat 1-5. Saat wahyu ini diturunkan, Rasulullah sedang bertahannus (menyendiri) di Gua Hira. Ketika itu, tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut.

Tidak ada malam yang sangat istimewa dalam perjalanan Islam kecuali malam ini. Di malam inilah berkumpul kejadian-kejadian istimewa. Sesuatu yang istimewa yang sangat diperlukan sebagai penuntun umat manusia turun, yaitu Alquran.

Terjadi pelantikan dan pengukuhan manusia paling istimewa sebagai pembawa risalah dan penjelas Alquran dan semua yang dikehendaki Allah Zat Penguasa kehidupan, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Turunnya Alquran tidak hanya sebuah penegasan atas kemuliaan-Nya dan sekaligus yang menerima-Nya, yaitu Nabi Muhammad SAW. Tetapi juga harus diiringi semangat untuk kembali kepada Alquran dan sunah, mempelajarai, menghayati, dan mengamalkannya.

Antara Alquran dengan Nabi Muhammad SAW adalah sesuatu yang tidak bisa dipisah. Bahkan, jika ingin mengetahui bagaimana Alquran dalam penerapan terbaik, jawabannya ada pada diri Nabi Muhammad SAW.

Hikmah yang Didapat Dari Hari Nuzulul Quran:

1. Adanya peringatan Nuzulul Quran ini, kita dapat mengetahui bahwa Rasulullah dalam menyampaikan dakwahnya tidaklah mudah. Halangan dan rintangan serta celaan di terima Rasulullah dari kaum kafir Quraisy.

2. Dengan turunnya Alquran, para sahabat lebih mudah menghafal serta memahami isi Alquran. Sebab, kebanyakan sahabat pada masa Rasulullah tidak bisa membaca dan menulis.

3. Diturunkannya Alquran kepada Rasulullah secara perlahan atau berangsur adalah sebagai pelajaran bagi Kita agar selalu sabar dan harus berhati-hati dalam menghadapi berbagai cobaan. Kita juga harus bertahap dalam memahami berbagai ajaran agama Islam sebagaimana bertahapnya Alquran diturunkan.

Memperingati Nuzulul Quran berarti sesungguhnya bersiap kembali menghidupkan Alquran dan sunah Rasulullah. Alquran harus senantiasa bersama kita, jadikan tiada hari dalam Ramadan dan selepas Ramadan kecuali bersama Alquran dan sunah Rasulullah. (republika.co.id/warta.sumedang.info)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.