Mau Tahu Terbuat Dari Apakah Matahari? Baca Disini!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Tahu Terbuat Dari Apakah Matahari? Baca Disini!

PortalMadura.Com –  Selain sebagai sumber energi terbesar manusia di Bumi, Matahari menjadi pusat dari Sistem Tata Surya. Lantas apa saja sih material yang menyusunnya? Yuk, cari tahu lebih jauh!

Sebelum bicara lebih panjang, kita cari tahu dulu “spesifikasi” matahari ya.

Jadi, yang biasa kita sebut matahari ini adalah pusat dari tata surya kita, dan merupakan sebuah bintang!

Kata orang ada jutaan bintang di langit, tapi kenapa mereka semua kecil-kecil, dan matahari terlihat sangat besar ya? Itu dikarenakan matahari adalah bintang yang letaknya paling dekat dengan kita, jadi terlihat paling besar di antara yang lain.

Matahari memiliki suhu yang luar biasa panas, pada intinya panas matahari diyakini mencapai 15 juta derajat Celsius dan suhu permukaannya mencapai 5.726 derajat Celsius! Ingat, air mendidih saja suhunya “hanya” 100 derajat Celsius lho.

Berarti suhu inti matahari itu kira-kira 150 ribu kali lipat lebih panas dibanding air yang sedang mendidih! Jadi kebayang kan, bagaimana panasnya suhu di permukaan matahari sana.

Radius, atau jari-jari matahari, adalah kurang lebih 696 ribu kilometer, atau kira-kira setara dengan 109 kali lipat jari-jari bumi. Dan berjarak kurang lebih 147 juta kilometer dari planet kita.

Matahari tersusun dari dua komponen utama, yakni Hidrogen dan Helium. Hidrogen yang ada pada matahari dipercaya diperoleh dari sebuah peristiwa besar yang oleh para ahli dikenal dengan istilah “Bing Bang”.
Elemen Penyusun Matahari

Elemen Penyusun Matahari

Nah, Hidrogen ini mengalami sebuah reaksi nuklir bernama reaksi fusi, atau sering juga disebut reaksi inti, yang terjadi di inti matahari dan menghasilkan helium. Dari reaksi fusi ini, selain helium, juga dihasilkan banyak gas lain, di antaranya karbon, nitrogen, dan oksigen dalam jumlah yang sangat kecil.

Tekanan gaya grafitasi matahari yang sangat tinggi ditambah efek reaksi inti pada matahari juga menghasilkan energi yang luar biasa besar. Energi ini akhirnya dilepaskan ke angkasa dan dapat kita rasakan sampai di bumi.

Energi yang berasal dari matahari inilah yang bisa mendukung segala macam kehidupan yang ada di bumi. Mulai dari manusia hingga tumbuh-tumbuhan. Bisa dikatakan bahwa matahari adalah sumber energi paling utama untuk makhluk hidup yang ada di bumi. (.me/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.