Melatih Mental Si Kecil Agar Menjadi Anak Pemberani

Avatar of PortalMadura.Com
Melatih Mental Si Kecil Agar Menjadi Anak Pemberani
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menguatkan mental agar menjadi lebih berani dalam bertindak merupakan suatu tantangan bagi orang tua. Pasalnya, tidak mudah bagi orangtua untuk langsung mendikte anak mereka agar menjadi pemberani.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar anak menemukan motivasi dalam diri mereka untuk menjadi lebih berani. Berikut ini hal yang memang bisa Anda lakukan guna menumbuhkan sikap dan sifat berani si kecil, yaitu sebagai berikut:

1. Berikan contoh

Apapun yang dilakukan kita sebagia orangtua, pastinya akan dicontoh oleh si buah hati. Maka dari itu, Anda harus memastikan kalau Anda melakukan hal-hal yang positif untuk ditirukan oleh si kecil.

Jika Anda memiliki ketakutan untuk naik rollercoaster, maka sebisa mungkin Anda harus mencari cara agar Anda bisa melawan rasa takut tersebut. Kemudian, ajaklah si kecil untuk bermain ke taman, dan tunjukkanlah pada dirinya bahwa Anda sudah berani untuk berputar-putar di wahana yang penuh dengan tantangan tersebut.

2. Tularkan keberanian lewat budaya keluarga

Memang merupakan hal yang tidak mudah untuk menumbuhkan sifat berani pada si kecil, terutama ketika tidak ada alasan untuk melakukan hal tersebut.

Namun Anda bisa mengatasinya dengan cara yang lain, Anda bisa menceritakan kepada buah hati Anda terkait beberapa hal mengenai perjuangan Anda dalam mengejar cita-cita. Atau bahkan, Anda juga bisa menceritakan hal lainnya, seperti menceritakan kisah inspiratif seseorang yang memang memiliki daya juang juga keberanian yang sangat luar biasa.

Hal ini penting untuk Anda lakukan, agar si kecil merasa terinspirasi serta memiliki semangat yang baru untuk menjadi orang yang jauh lebih berani dari sebelumnya.

3. Tantangan dan pujian

Umumnya, insting utama yang dimiliki oleh orangtua yaitu untuk melindungi buah hati mereka. Akan tetapi, guna mengajarkan sikap dan sifat berani, maka Anda harus mencoba untuk mengurangi sedikit keinginan untuk selalu melindunginya dimanapun dan kapanpun.

Anda bisa memberikan si kecil sedikit tantangan, seperti pergi ke warung yang berada di sekitaran rumah tanpa Anda temani. Namun tetap, Anda harus mewaspadainya dari kejuahan guna memastikan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada buah hati Anda, setelah ia kembali, Anda dianjurkan untuk memberikannya pujian. (solusisehatku.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.