oleh

Memanas! Empat Nama Diprediksi Maju Konferensi PWI Sumenep, Begini Peta Kekuatan Calon

PortalMadura.Com, Sumenep – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim, hari ini, Sabtu (26/1/2019) akan menggelar konferensi.

Pemilihan ketua setiap tiga tahun ini mulai memanas sejak tiga hari terakhir. Empat wartawan senior diisukan akan merebut tampuk kepemimpinan menggantikan Ach. Rifai yang sudah habis masa jabatannya.

Penelusuran PortalMadura.Com, empat wartawan senior yang disebut-sebut akan maju pada konferensi tersebut, yakni Ibnu Hajar (Radio Nada FM), Hartono (CEO PortalMadura.Com), Temmy Andani P (Berita Jatim), dan Roni Hartono (CEO News Satu).

Peta Kekuatan Calon

Merujuk pada Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI, yang mempunyai hak memilih dan dipilih tercantum pada Pasal 11 ayat 1, yakni anggota Biasa, bagian c disebutkan :

Memilih dan dipilih menjadi pengurus jika memenuhi persyaratan“.

Sedangkan anggota PWI yang statusnya diluar anggota Biasa tidak memiliki hak untuk dipilih.

Hal tersebut termaktub pada ayat 2 Pasal 11;

Anggota Muda, Anggota Luar Biasa, dan Anggota Kehormatan dapat diundang menghadiri Kongres, Konferensi Provinsi/Kabupaten/Kota, dan Konferensi Kerja Provinsi/Kabupaten/Kota, serta dapat mengemu-kakan pendapat dan mengajukan usul atau saran“.

Sedangkan anggota PWI Kabupaten Sumenep sebanyak 20 orang. Diantara mereka terdapat 16 sampai 18 orang yang diprediksi bisa memilih dan dipilih.

Kepastian status keanggotaan mereka akan dibuktikan secara faktual melalui Kartu Tanda Anggota (KTA) pada saat konferensi oleh PWI Jatim yang juga hadir pada konferensi tersebut.

Loading...

Gerakan mencari dukungan dari empat wartawan senior yang diisukan maju pada konferensi cukup ketat. Mereka sama-sama mengklaim memiliki dungan penuh dari anggota PWI.

Klaim Dukungan

Empat figur yang diisukan maju konferensi mengklaim sama-sama sedikitnya telah mendapat dua suara plus satu suara dirinya (berarti masing-masing telah memiliki tiga suara) dari 16 sampai 18 anggota yang memiliki hak memilih.

Bila benar klaim tersebut, maka masih ada sisa sebanyak 4 sampai 6 suara yang akan menjadi suara seharga berlian bagi calon.

Kemungkinan Tiga Calon

Konferensi PWI Sumenep bisa saja diikuti hanya tiga calon. Misalnya, wartawan Berita Jatim, Temmy Andani P tidak maju jika belum mendapat izin atasan langsung atau calon lain tidak mendapat legalitas dari atasannya.

Calon Yang Diunggulkan

Hingga pukul 09.30 WIB, Sabtu (26/1/2019) calon yang masih diunggulkan adalah CEO PortalMadura.Com, Hartono.

Namun, hal lain dapat saja terjadi, karena proses pemilihan akan berpatokan pada tata tertib (Tatib) pemilihan yang akan dibuat melalui rapat terbuka dan dibahas bersama.

Adakah Calon Kuda Hitam?

Tidak menutup kemungkinan akan muncul calon kuda hitam. Bila merujuk pada Pasal 11 PD/PRT tersebut, semuanya mempunyai kesempatan dan banyak kader PWI yang mumpuni untuk menjaga marwah PWI Sumenep kedepan.

Lalu siapa? tunggu saja hasil Konferensi PWI Sumenep yang selama ini tidak pernah ternodai oleh sikap arogan atau hal lain yang dapat mencederai demokrasi.

Konferensi PWI Sumenep akan berlangsung pada pukul 11.00 WIB, Sabtu (26/1/2019) di Hotel Kangean, Jl. Adi Poday, Kolor Sumenep-Madura.(Nanik Dwi Jayanti/Putri Kuzaifah)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar