Membangkang, Desa Tenunan Sumenep Tak Salurkan Bansos Rastra Sejak Januari

Avatar of PortalMadura.com
Membangkang, Desa Tenunan Tak Salurkan Bansos Rastra Sejak Januari
Kasubag Sarana Ekonomi, Bagian Perekonomian Pemerintah Sumenep, Muh. Ardjuhadi (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Desa Tenunan, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak merealisasikan bantuan sosial berupa beras untuk rakyat sejahtera (Rastra). Tidak terealisasinya bantuan untuk pengentasan masyarakat kurang mampu itu sejak Januari 2018 hingga sekarang.

“Kami sudah mewanti-wanti agar Desa Tenunan itu segera merealisasikan bansos rastra tahun ini. Tapi hingga sekarang belum,” kata Kasubag Sarana Ekonomi, Bagian Perekonomian Pemerintah Sumenep, Muh. Ardjuhadi, Rabu (14/11/2018).

Pada tahun 2018, terdapat 367 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Tenunan, masing-masing penerima memperoleh 10 kg. Jadi, total jatah Rastra untuk Desa Tenonan per bulan sebanyak 3.670 kg.

“Bansos Rastra ini gratis. Bahkan biaya pendistribusian dari balai desa ke rumah KPM, sudah ditanggung pemerintan daerah,” ucapnya.

Ia menegaskan, alasan kepala desa tidak merealisasikan bansos rastra itu, dari 367 KPM itu, 80 KPM dinilai telah tidak layak menerima bansos karena sudah kaya. Untuk itu, pemerintah daerah meminta desa untuk merubah data penerima manfaat melalui musyawarah desa.

“Tapi hingga sekarang, desa tidak memberikan perubahan data penerima manfaat itu. Ini kan kami heran juga,” tegasnya.

Berdasarkan data di Bagian Perekonomian Pemkab Sumenep, total jatah Bansos Rastra 2018 selama 10 bulan (Januari-Oktober) sebanyak 12.801.600 kg. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.