Membangun Konsep Diri Yang Positif Pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Membangun Konsep Diri Yang Positif Pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Konsep diri memiliki peranan penting dalam menentukan perilaku sebagai cermin dalam memandang dirinya. Tentunya bunda, sebagai ibu kita memiliki waktu yang lebih leluasa untuk memperhatikan proses tumbuh kembang anak.

Karena setiap anak memiliki kesempatan untuk menjadi anak yang berprestasi, menjadi anak yang baik dan menyenangkan. Tugas kita adalah membimbing anak dalam membangun konsep diri dengan baik dan positif.

Nah, Berikut beberapa hal yang orangtua perlu perhatikan untuk membangun konsep diri yang baik dan sehat pada anak, yaitu:

1. Orang tua perlu menyatakan kasih dan perhatian yang cukup kepada anak. Kalau orang tua bisa menyatakan kasih, orang tua akan memperlihatkan bahwa anak ini memang layak untuk dikasih dan ini membuat anak mempunyai konsep diri bahwa saya ini memang anak yang pantas untuk dikasihi.

2. Kehadiran orang tua perlu cukup dan orang tua juga perlu menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Kehadiran dan komunikasi oran gtua berfungsi untuk mengisi hidup anak sehingga anak merasa hidupnya terisi sehingga anak tidak merasa bahwa hidupnya kosong. Anak juga memerlukan nasihat, arahan dari orang tua sehingga mereka juga mengetahui siapa mereka sesungguhnya.

3. Orang tua perlu menghargai anak-anaknya. Anak memerlukan pujian dan pengukuhan atas apa yang baik yang telah mereka lakukan.

4. Keharmonisan keluarga cukup banyak mempengaruhi konsep diri anak. Orang tua yang harmonis membuat anak merasa bangga dengan keluarga mereka. Dan keluarga mereka bisa menjadi sumber identitas diri mereka yang kokoh.

5. Hindari perbandingan anak dengan anak lain dan berbicara tentang keburukan anak pada orang lain di depan anak.

6. Beri kesempatan pada anak anda untuk bereksplorasi, mencoba karena selama ada ruang untuk berbuat suatu kesalahan, disana anak belajar.

Alangkah baiknya bila kita sebagai orangtua tidak memberikan ‘label' buruk bagi anak. Tujuannya agar anak memiliki konsep diri positif yang membantunya untuk membentuk karakter positif bagi perkembangan kepribadiannya. (telaga.org/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.