oleh

Membuat Pemetaan 3D dari Lingkungan Sekitar

PortalMadura.Com – Setelah kacamata pintar Google Glass, kini Google memperkenalkan proyek terbarunya yang diberi nama Proyek Tango.

Lewat proyek barunya itu, Google mengembangkan smartphone yang dapat membuat pemetaan ruang dan gerak manusia dalam bentuk 3D dengan skala manusia.

Yang dimaksud dengan skala manusia adalah perbandingan ukuran elemen ruang dengan dimensi tubuh manusia. Artinya, smartphone di masa depan dapat membaca geometri dan memahami gerakan manusia.

Hasilnya, smartphone bisa memindai lingkungan sekitarnya secara presisi. Lantas, apa manfaat yang diperoleh dari hasil pemindaian tersebut? Untuk membuat simulasi peta ruangan dalam bentuk 3D atau membuat game 3D dengan mudah.

Masih bingung? Coba anda bayangkan ini. Anda akan membeli sebuah sofa baru untuk di rumah. Nah, sebelumnya, dengan smartphone yang dihasilkan dari Proyek Tango, Anda bisa membuat dulu rumah virtual dan isinya dalam bentuk 3 dimensi, lengkap dengan wujud dan ukuran yang presisi.

Loading...

Jadi saat memilih sofa, Anda bisa menentukan sofa yang cocok untuk diletakkan di dalam ruang virtual tersebut. Canggih bukan?

Prototipe smartphone Proyek Tango hadir dengan OS Android, berlayar 5 inci, dilengkapi kamera beresolusi 4 megapixel, 2 prosesor komputer vision, dan memiliki sensor pengukur kedalaman dan pemindai gerakan.

Selain itu, Google juga menyertakan APIs untuk para pengembang yang berguna untuk memberikan informasi berupa posisi, orientasi dan kedalaman sesuai standard Android yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java, C/C++ serta engine game dari Unity.

Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini akan mampu menangkap gerak dan memindai ruangan secara 3D dan langsung membuat pemetaan ruangan tersebut. Sensor yang dimiliki smartphone ini akan menangkap lebih dari seperempat juta pengukuran 3D per detik.

Posisi dan orientasi perangkat smartphone Anda pun akan terus diperbarui secara tepat dan cepat mengikuti gerakan Anda. Data yang dikumpulkan kemudian akan digabungkan dengan hasil akhir sebuah model 3D ruangan di sekitar Anda.(YangCanggih/htn)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar