PortalMadura.com

Menakjubkan, Ini 5 Khasiat Daun Sirih Bagi Kecantikan

  • Selasa, 17 Oktober 2017 | 19:00
Menakjubkan, Ini 5 Khasiat Daun Sirih Bagi Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Daun sirih dikenal sejak zaman dahulu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya untuk mengatasi sakit kepala dan juga gangguan pencernaan.

Namun selain mempunyai khasiat itu, ternyata tanaman herbal ini juga berguna bagi kecantikan. Banyak orang menggunakan daun ini sebagai pembersih bagian kewanitaan. Tetapi sebenarnya masih banyak kegunaan lain dari sirih bagi wanita. Mau tahu apa saja?.

Berikut beberapa di antaranya:

Mencegah Rambut Rontok
Ilmu Ayurveda membuktikan, daun sirih mampu mencegah rambut rontok. Anda bisa membuat ramuannya sendiri di rumah.

Caranya, tumbuk daun sirih bersama minyak wijen atau minyak kelapa. Setelah campurannya merata, oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama satu jam. Basuh dengan sampo ringan.

Mengusir Bau Mulut
Masyarakat India terbiasa mengunyah daun sirih sehabis makan. Hal ini dilakukan untuk mencegah bau mulut karena daun sirih adalah penyegar napas alami.

Selain bau mulut, daun sirih juga bisa menyembuhkan berbagai permasalahan oral. Zaman dulu, sirih digunakan untuk mencegah karang gigi dan pendarahan gusi.

Hari Jadi Sumenep

Menghilangkan Jerawat
Sirih kaya akan anti-inflamasi properti yang ampuh mengobati jerawat. Kandungan anti-bakteri dalam sirih bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Rebus daun sirih dalam air mendidih. Gunakan air rebusan ini untuk mencuci muka. Cara lainnya adalah dengan menumbuk daun sirih dan membuatnya jadi pasta. Tambahkan sejumput kunyit dalam pasta ini, dan oleskan setiap hari.

Mengatasi Gatal
Jika kulit Anda sensitif dan mudah terserang gatal atau biang keringat, gunakan daun sirih untuk mengatasinya. Sifat anti-inflamasi dalam daun sirih akan bisa menenangkan simtom alergi ini.

Caranya, rebus 10 helai daun sirih, matikan api ketika daunnya mulai layu. Gunakan airnya untuk mandi atau membasuh bagian yang gatal.

Mencegah Bau Badan
Daun sirih memiliki wangi yang khas. Dan ternyata, baunya ini bisa dimanfaatkan sebagai deodoran pencegah bau badan.

Caranya, campurkan minyak sirih ke dalam air mandi. Atau Anda juga bisa membuat sendiri minyaknya dengan cara menumbuk daun sirih. Memasukannya ke air mandi akan mencegah keringat berlebih dan bau tidak sedap.

Selain itu, meminum air rebusan daun sirih juga bisa memerangi bau badan dari dalam. Demikian beberapa manfaat daun sirih bagi kecantikan. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional