Menanamkan Mindset Entrepreneur Pada Anak Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.Com
Menanamkan Mindset Entrepreneur Pada Anak Sejak Dini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Peran orang tua disamping mendidik dan mebekali dalam bidang agama serta ilmu pengatahuan umum, orang tua juga perlu membekali anak dalam bidang kewirausahaan (entrepreneurship) sejak dini.

Karena anak-anak adalah masa yang sangat penting dalam membentukan pola bagi kehidupannya dimasa depan. Hal inilah yang harus di perhatikan oleh para orang tua dalam membimbing anaknya untuk berprestasi. Lantas bagaimana cara menanamkan entrepreneurship pada anak? Berikut ini adalah tips-tipsnya.

Membuat goal setting bersama anak
Menjadi seorang entrepreneur dimulai dengan adanya sebuah visi. Ajarlah anak-anak untuk membuat daftar tentang goal yang ingin mereka capai. Sederhana saja. Misalnya, dalam seminggu ini, ia ingin dapat tidur sendiri, mandi sendiri, cuci piring, dan lain-lain. Pastikan bahwa ia membuat sendiri goal ini, Anda hanya mengawasi saja. Tempel daftar goal setting tersebut di kamar anak, dan lihatlah apakah mereka berhasil mencapainya. Jika berhasil, maka berilah penghargaan.

Mengajarkan anak untuk melihat peluang
Seorang entrepreneur juga harus jeli melihat peluang dalam masyarakat. Untuk mengaharkan kemampuan ini, mintalah anak untuk melakukan sesuatu yang agak sulit. Misal, mengambil buku di rak tertinggi. Sediakan berbagai alat yang bisa membantunya, misal kursi, meja, balok, dan lain-lain. Lalu, biarkan ia menyusun sendiri peralatan tersebut hingga perintah yang kita berikan dapat terlaksana.

Berjualan bersama anak
Bukalah stan kecil-kecilan di rumah. Misal berjualan jus, handcraft, dan lain-lain. Bisa juga Anda meminta anak-anak untuk menjual hasil karya mereka sendiri. Misal membuat gantungan kunci, aksesoris, dan lain-lain, lalu dijual pada teman-temannya.

Mendidik anak mengenai keluar masuknya uang
Penting bagi kita untuk mendidik anak-anak mengenai dari mana uang datang dan ke mana saja uang keluar, agar ke depannya mereka bisa mengatur finansial dengan lebih mandiri. Untuk itu, sebagai orang tua kita bisa mengajarkan dengan bentuk memberikan reward kepada anak dalam bentuk uang, ketika mereka telah membantu kita melakukan pekerjaan. Ajarlah untuk menabung dan mengawasi keluar masuknya uang saku mereka.

Mengajarkan kreativitas promosi pada anak
Ajak anak untk mengamati billboard, iklan di televisi, brosur, dan lain-lain. Ajaklah mereka untuk berdiskusi, kesan apakah yang ia dapatkan ketika melihat iklan-iklan tersebut. Lalu tanyakan juga, apa yang seharusnya ada dan tidak ada pada iklan-iklan tersebut.

Melatih anak berkomunikasi dengan berbagai cara
Meski kemampuan interpersonal sangat dibutuhkan untuk menjadi entrepreneur sukses, kini kemajuan teknologi telah perlahan mematikan kemampuan tersebut. Maka, ajaklah anak Anda untuk sering berkomunikasi langsung dengan orang-orang di sekitarnya. Ajari juga mereka menuliskan surat dengan bahasa yang baku kepada Anda. Dan ajarkan juga menuliskan email dengan bahasa baku, tidak disingkat-singkat. Email serta surat itu tidak harus berisi sesuatu yang bermanfaat. Biarkan saja mereka bercerita mengenai hari-harinya kepada Anda.

Melatih kemandirian untuk menghasilkan kepercayaan diri
Anda sangat ingin bukan, memiliki anak-anak yang mandiri dan percaya diri? Untuk menumbuhkannya, Anda bisa melakukan hal ini. Ketika anak meminta suatu barang, mainan baru misalnya, ajaklah mereka untuk berpikir bagaimana mendapatkan uang untuk memperoleh barang tersebut.

Melatih jiwa kepemimpinan anak
Jadikan anak Anda “kapten” ketika bermain bersama. Jadikanlah ia komando saat Anda dan keluarga ingin bermain, jalan-jalan, atau membersihkan rumah. Sesekali patuhilah instruksi yang ia berikan. Akan lebih baik lagi bila jiwa kepemimpinan ini dilatih ketika ia bermain dengan teman-temannya.

Tips-tips tersebut dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Semoga kesuksesan selalu menyertai keluarga Anda.(ciputra-uceo.net/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.