Menangis Bisa Mengatasi Masalah Kesehatan Anda

Avatar of PortalMadura.com
Menangis Bisa Mengatasi Masalah Kesehatan Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi pria, adalah tanda kelemahan sehingga biasanya akan ditahan sekuat mungkin. Menunjukkan air mata didepan orang dianggap bisa membuat tampak cengeng dan kurang jantan.

Pada dasarnya, menangis merupakan mekanisme yang dilakukan tubuh manusia ketika merespons berbagai macam hal. Seseorang bisa saja menangis ketika dia merasa sangat sedih atau sebaliknya ketika hatinya bersuka ria.

Air mata yang menetes juga bisa terjadi ketika Anda mengantuk atau ketika terdapat benda asing yang masuk ke mata. Sejumlah dampak yang diberikan air mata ini bertujuan untuk menjaga kesehatan bola mata.

Walau begitu, manfaat dari menangis ini ternyata tak hanya pada mata saja namun juga pada bagian tubuh lain. Menangis bisa menjaga kesehatan berbagai hal di tubuh kita mulai dari mental hingga fisik.

Seperti yang dilansir merdeka.com dikutip dari Brightside, berikut ini ada sejumlah dampak yang muncul dari tangisan terhadap tubuh kita.

Meredakan Stres
Sebuah penelitian pada tahun 2014 mengetahui bahwa menangis bisa membantu seseorang lebih santai dalam melewati masa-masa sulit. Menangis bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik yang berdampak otak menjadi lebih tenang.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Salah satu masalah kesehatan yang bisa memicu banyak penyakit adalah tekanan darah tinggi. Menangis rupanya bisa menjadi cara untuk meredakan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil sehingga Anda bakal lebih sehat.

Baca Juga: Menang Atas Tira Persikabo, Geser Posisi Borneo FC

Membersihkan Racun
Air mata yang keluar bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membersihkan debu dari mata. Pengeluaran racun ini membantu menurunkan tingkat kortisol (hormon stres) dari tubuh sehingga mood bakal membaik. Hal ini menjadi alasan mengapa kita biasanya merasa lebih baik dan lega setelah menangis.

Atasi Mood Berubah-Ubah
Perubahan mood yang tiba-tiba pada tubuh bisa terjadi karena terkumpulnya mangan di dalam tubuh. Menangis bisa membantu menghilangkan mangan berlebih dari tubuh melalui air mata. Hal ini bisa membuatmu menjadi lebih tenang, fokus, serta mood-mu tak akan berubah-ubah.

Atasi Rasa Sakit
Keluarnya air mata bisa menjadi cara bagi tubuh mengurangi sensasi sakit, ketika Anda mengalami sakit secara fisik. Peneliti menemukan bahwa manfaat menenangkan ini muncul karena air mata melepaskan oksitosin dan endorfin yang bisa membuatmu merasa lebih baik dan menghilangkan rasa sakit.

Sejumlah permasalahan yang Anda alami tersebut bisa diatasi dengan tetes air mata. Namun ketika Anda terlalu banyak menangis, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter karena mungkin ada masalah lain yang Anda alami.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.