Mendung dan Gerimis, Petani Tembakau Was-was Kualitas Menurun

Avatar of PortalMadura.Com
Mendung dan Gerimis, Petani Tembakau Was-was Kualitas Menurun
Ist. Tembakau/ foto Yuli Yuliaa

PortalMadura.Com, – Para petani di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai was-was dengan kondisi cuaca yang kurang bagus menjelang panen.

Beberapa hari terakhir ini, sebagian wilayah di Sumenep sering mendung dan gerimis. Semisal, sebagian wilayah Kecamatan Batuputih, dan Kecamatan kota.

“Sebagian tembakau ada yang sudah panen dan sebagian besar sudah siap panen. Tapi, kalau hujan otomatis akan merusak kualitas,” kata salah seorang petani tembakau, Hairi (35), warga Desa Tengedan, Kecamatan Batuputih, Sumenep, Minggu (9/8/2015).

Jika mendung, sambungnya, apalagi gerimis juga akan berpengaruh pada harga tembakau ditingkat petani.

“Bisa saja saat panen tidak ada gerimis atau hujan, tapi jika pada proses pengeringan ada mendung apalagi hujan, maka kualitas tembakau kering akan rusak,” katanya.

Ia yang juga menjadi pengepul tembakau berharap, kondisi cuaca terus bagus, sebab tanaman tembakau tahun ini kondisinya bagus.

“Kalau kualitas tembakau tahun ini bagus, karena selama proses tanam tidak ada hujan. Persoalannya, kalau pada saat panen atau menjelang panen terjadi hujan, kualitas pasti rusak,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.