oleh

Mengenal Kucing Busok: Kucing Asli Pulau Raas

SUMENEP (PortalMadura)- Masyarakat Madura harus berbangga karena Madura memiliki satu jenis kucing Ras yang hanya berkembang biak Madura. Kucing tersebut adalah Kucing Busok atau kucing raas, Kucing yang diketahui endemik di Pulau Raas tersebut telah menjadi salah satu jenis kucing istemewa yang banyak di buru oleh para pecinta Kucing.

Selain diketahui berkembang biak di Pulau Raas yang terletak di sebelah timur Kota Sumenep, karakteristik fisik Kucing Busok atau masyarakat Sumenep sering menyebutnya Kucing Raas tersebut sangat unik dibandingkan jenis Kucing lainya.  Dimana kemiripan bentuk muka dan postur tubuh dengan leopard dan kucing hutan. Lalu ukuran tubuhnya lebih besar daripada kucing kampung biasa.

Hingga saat ini telah diketahui ada dua warna yang sering terdapat pada kucing raas atau kucing Busok ini, warna pertama buso dan kedua kecubung. Buso sendiri adalah sebutan dari masyarkat setempat untuk warna abu-abu kebiruan polos (blue) seperti yang terdapat pada ras rusian blue atau british shorthair. Sedangkan warna kecubung sendiri  diberikan bagi kucing yang berwarna coklat mirip warna kucing myanmar.

Sayangnya, kucing dengan bulu warna kecubung memiliki bentuk wajah yang mirip dengan kucing kampung, dimana bentuk wajah kucing lebih oval. Sedangkan ciri fisik yang membedakan dengna kucing Indonesia lainya di bagian ekor. Dimana Kucing Busok memiliki ekor dengan panjang yang sedang, tetapi bengkok di ujungnya atau disebut kinky tail.

Dibagian Mata Kucing Busok asal Pulau Raas ini  mempunyai warna mata hijau tua atau hijau gelap, tidak seperti Turkish angora atau Korat yang mempunyai warna mata hijau terang. Mata tidak begitu lebar dan berbentuk oval. Sedangkan Rambut Kucing Busok pendek dan halus. Rambut kucing ini berwarna abu-abu pada sebagian besar tubuhnya. Sementara bagian bawah tubuh, dada atau perut terdapat warna putih dengan batas yang tidak jelas. (Dari berbagai Sumber/Deny)

Baca Juga: Kucing Busok Terancam Punah & Mistis di Balik Kucing Busok.

Loading...

Komentar