oleh

Mengenal Lebih Dalam Khasiat Algae Bagi Kulit

PortalMadura.Com – Pernah dilema lantaran harus memilih suatu produk tertentu yang cocok buat kulit?. Tentunya saat itu terjadi, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan membeli sebuah produk kecantikan.

Sebab, apabila Anda salah, bukan tidak mungkin akan menyebabkan masalah pada kulit Anda, apalagi masalah itu terletak pada bagian wajah. Kesannya akan membuat tidak nyaman dan rasa percaya diri menjadi menurun.

Oleh karena itu, seseorang perlu mengecek keaslian produk yang biasanya tertera di balik kemasan. Berbicara tentang kemasan, bagi yang gemar mengulik-nguliknya dan membaca seluruh informasi yang tertera, mungkin Anda sudah tidak asing dengan algae (ganggang).

Apa itu Algae?

Dalam bahasa Indonesia, algae memiliki arti ganggang yang hidup dan tumbuh di dalam laut. Setidaknya terdapat lebih dari 70.000 spesies algae yang tercatat. Pasalnya, sekarang ini algae sudah banyak digunakan dalam kosmetik maupun skincare.

Nah, dari sekian banyak spesies yang ada, algae jenis apa yang kerap hadir di dalam produk kecantikan?. Dan apa manfaatnya untuk kulit?.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

Dilansir PortalMadura.Com, Senin (23/9/2019), dari laman Fimela.com, menurut asisten profesor di NYU Langone Health, Evan Rieder, algae memiliki banyak kategori dan sulit untuk menentukan jenis apa yang digunakan oleh perusahaan produk kecantikan.

Namun, dalam praktiknya, ia menemukan bahwa hanya ada beberapa spesies algae yang benar-benar telah dipelajari dan digunakan dalam makeup dan skincare, di antaranya 3 jenis utama makroalgae, yaitu cokelat, hijau, dan merah.

Hal ini juga mencakup dalam berbagai jenis microalgae di dalamnya, seperti spirulina yang merupakan sejenis algae biru-hijau, dan chlorella, algae hijau.

Tahukah Anda, ternyata ketiganya atau masing-masing memiliki klaim perawatan kulit yang mampu memberikan manfaat antioksidan, pelembap, anti-aging, serta perlindungan UV.

Loading...

Manfaat Algae untuk Kulit

Menurut studi yang diterbitkan pada 2013 di International Journal of Biological Macromolecules, para peneliti melihat potensi pada senyawa yang diekstraksi dari lima jenis algae, karena senyawa ini mampu menyerap dan mempertahankan kelembapan, sehingga memiliki manfaat yang baik untuk kulit.

Dalam studinya, mereka memeriksa berapa banyak air yang dapat diserap oleh algae dan hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan melembapkan algae dinilai lebih baik daripada hyaluronic acid yang populer dengan klaimnya untuk memberikan kelembapan.

Nah, beberapa jenis algae juga mengandung karotenoid dan vitamin E yang dikenal sebagai antioksidan dan mampu mengontrol radikal bebas dalam jumlah yang tinggi.

Perlukah Menggunakan Produk Berbahan Algae?

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, algae memiliki banyak manfaat untuk kulit, oleh karena itu, jika Anda mencoba sebuah produk yang berbahan algae dan menyukainya, serta tidak mengalami efek samping, Anda dapat terus menggunakannya.

Namun, ada catatan dari Dr. Rieder untuk pemilik jenis kulit sensitif. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika menggunakan produk yang memiliki kandungan algae. Karena ada beberapa laporan yang menyatakan bahwa beberapa spesies algae mungkin bisa menyebabkan iritasi.

Baca Juga : Video Detik-Detik Penggerebekan Oknum Bidan dan PNS Sumenep di Surabaya

Jadi, apabila sudah dirasa terdapat tanda-tanda yang kurang baik bagi kulit Anda, bahkan sampai mengalami iritasi, maka hentikan penggunaan agar tidak terjadi hal yang menyebabkan masalah kulit.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com

Komentar