Mengenal Reaksi Kimia Yang Bermanfaat Bagi Manusia

Avatar of PortalMadura.Com
Mengenal Reaksi Kimia Yang Bermanfaat Bagi Manusia
ilustrasi

PortalMadura.Com – Reaksi kimia adalah suatu proses alam yang selalu menghasilkan antarubahan senyawa kimia. Ternyata ada banyak reaksi kimia yang tanpa kita sadari terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Semua yang kita rasakan, kita cium, kita cicipi adalah kimia. Namun kebanyakan orang salah paham dengan kimia, hal ini perlu diluruskan. Mereka menggap bahwa kimia hanya ada di laboratorium, kimia hanya ada pada makanan berhaya.

Tahukah kamu? reaksi kimia juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak!

1. Fotosintesis, yaitu proses biokimia yang mengubah cahaya matahari, unsur hara, karbon dioksida dan air menjadi makanan. Proses ini terjadi di dalam tumbuhan, terutama tumbuhan yang memiliki zat hijau (klorofil). Hasil dari pembuangan proses biokimia ini adalah oksigen. Oksigen yang dihasilkan akan menjaga keseimbangan tingkat oksigen di atmosfer.

2. Fermentasi, dalam pembuatan makanan; merupakan proses kimia pengubahan karbohidrat menjadi alkohol dan karbondioksida atau asam laktat. Proses ini menggunakan  bakteri, fungi atau ragi sebagai mediatornya. Produk yang dihasilkan dapat berupa roti, bir ataupun asinan.

3. Ekstraksi logam, merupakan proses pemisahan logam berharga dalam konsentrat dari material lain, menggunakan bahan kimia. Dalam dunia industri dapat dilihat pada pemisahan logam timah dan aluminium.  Secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu, Hydrometallurgy (menggunakan cairan kimia); Pyrometallurgy (menggunakan temperatur tinggi) dan Electrometallurgy (menggunakan sel elektrolit).

4. Galvanisasi atau proses pelapisan bahan seng, baja atau besi. Melalui proses pelapisan yang melibatkan proses kimia tersebut, baja atau besi akan dilindungi dari korosi atau perkaratan.

5. Susunan Rantai DNA, DNA atau Deoxyribonucleic acid adalah asam nukleat yang merupakan biomolekul utama penyusun setiap organisme yang menyimpan informasi genetik. DNA terdapat pada inti sel di dalam struktur kromosom dan pada mitokondria. Susunan DNA ini merupakan struktur kimia dari komponen-komponen penyusunnya, terdiri atas dua untaian yang berpilin membentuk struktur heliks ganda. Masing-masing untai terdiri dari rangka utama, sebagai struktur utama, dan basa nitrogen, yang berinteraksi dengan untai DNA satunya pada heliks. Kedua untai pada heliks ganda DNA disatukan oleh ikatan hidrogen antara basa-basa yang terdapat pada kedua untai tersebut. Empat basa yang ditemukan pada DNA adalah adenina (dilambangkan A), sitosina (C, dari cytosine), guanina (G), dan timina (T). Adenina berikatan hidrogen dengan timina, sedangkan guanina berikatan dengan sitosina.

Itulah beberapa manfaat reaksi kimia bagi manusia. Semoga bermanfaat. (tahukahkamu.org/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.