PortalMadura.com

Mengenalkan Pamekasan Melalui Komunitas Sosial

  • Jumat, 26 Juni 2015 | 13:22
Mengenalkan Pamekasan Melalui Komunitas Sosial
Wildona Zumam, S.S,M.Pd.
Loading...

PortalMadura.Com – Pamekasan merupakan salah satu kabupaten di Madura yang cukup dinamis terutama dalam sektor pendidikan dibandingkan dengan kabupaten lainya di Madura.

Hal tersebut sesuai dengan pengakuisisian bahwa Pamekasan kota pendidikan, sejatinya bukan hanya saja disektor pendidikan tetapi juga disektor budaya, Pamekasan juga  sebagai kota Batik dan Gerbang Salam.

Berbicara tentang potensi komunitas sosial dibeberapa daerah yang tingkat pendidikannya cukup tinggi, kesadaran untuk membentuk komunitaspun cukup tinggi. Sebut saja Yogyakarta, komunitas sosialnya cukup banyak sebagai contoh komunitas pecinta buku-buku tua.

Komunitas ini memiliki informasi buku-buku tua lengkap dengan harganya. Biasanya komunitas ini menjadi referensi untuk riset sejarah atau riset literatur klasik. Itu satu potret komunitas sosial yang tumbuh dan berkembang di daerah lain.

Di Pamakesan sendiri kesadaran untuk menghimpun diri dalam komunitas sosial ini masih belum cukup tinggi meskipun memang ada beberapa komunitas sosial yang concern terhadap eksposing Madura.

Sebuah  harapan besar untuk pembangunan Kota Pamekasan kedepan karena pada dasarnya keberadaaan komunitas-komunitas ini adalah bentuk embrio kebangkitan modal sosial yang sekarang mulai luntur. Modal sosial atau civil society ini menjadi penting dalam membangun kota Pamekasan ini.

Baca Juga:  Anak Kepsek Nyabu di Rumah, Disdik Akan Panggil Orang Tuanya

Esensi modal sosial itu adalah kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Yang dalam hal ini Kota Pamekasan  yang terdiri dari pemerintah dan masyarakat. Jika masyarakat sudah mulai tumbuh kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar berarti berbagai pemikiran dan ide-ide pembaharuan akan terus lahir.

Dan yang jelas, keberadaan komunitas-komunitas sosial ini mendobrak kebuntuan berpikir. Kelahiran dan perkembangan komunitas ini adalah anti tesis dari stagnasi. Dengan demikian ada harapan masyarakat kita akan dinamis dalam menyongsong kehidupan kota Pamekasan yang lebih baik.

Dengan adanya komunitas ini masyarakat Pamekasan menaruh harapan besar terhadap komunitas-komunitas sosial yang ada. Saya meyakini komunitas-komunitas ini mampu memberikan pemikiran yang jernih terhadap berbagai persoalan yang ada. Karena mereka umumnya di luar sistem.

Bisa berpikir lebih objective, Lebih steril dari kepentingan politik yang kadang kala pragmatis. Wajar bila komunitas ini oleh ilmuan sosiologi disebut sebagai civil society. Namun memiliki peran penting dalam merumuskan kebijakan publik.Tidak akan bisa kota Pamekasan ini maju dan humanis di tangan segelintir orang, kebersamaan adalah modal dasarnya.

Baca Juga:  DKP Belum Miliki Kegiatan Rutin

Untuk itulah maka potensi tersebut bersumber pada komunitas itu sendiri. Bentuk komunitas sosial  yang ada sangat beragam seperti komunitas seni, komunitas ekonomi, komunitas pendidikan, komunitas pertanian dan sebagainya.

Faktor penghambat dan pendukung Pengembangan Komunitas sosial yaitu persoalan sumber daya manusia yang ada pada komunitas sosial yang kurang dan kurang adanya kesadaran penuh untuk mengekspos hasil karya atau kreatifitas mereka.

Hal tersebut berpengaruh pada ketidaktahuan pihak pemerintah setempat terhadap mereka.

Kedua, proses/sarana prasarana. Dari sisi sarana dan prasarana yang dimiliki komunitas sosial sangat terbatas mengingat dana yang diperlukan untuk pengembangan komunitas sosial tersebut.

Ketiga, promosi dan kerjasama. Promosi dan kerjasama merupakan salah satu alat yang penting bagi komunitas sosial karena promosi akan memberikan keuntungan bagi komunitas itu sendiri dan pastinya bagi pamekasan.

Melalui promosi dari komuitas sosial ini maka Madura khususnya Pamekasan akan dikenal oleh masyarakat dan dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri dan bisa ikut serta didalamnya.(har)

Penulis : Wildona Zumam, S.S,M.Pd.
Ketua YourB (Komunitas Buku) dan Dosen Universitas Madura

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional