Menko Kemaritiman Tinjau Lahan Garam di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Menko Kemaritiman Tinjau Lahan Garam di Sumenep
Menko Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan, meninjau langsung lahan pegaraman milik PT Garam di Kalianget Sumenep, Rabu (30/8/2017)

PortalMadura.Com, , Luhut Binsar Panjaitan didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf meninjau langsung lahan milik PT Garam di Pegaraman I, Desa Karang Anyar, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Rabu (30/8/2017).

“Setelah kami lihat, produksi garam ini perlu penanganan serius agar hasil produksi bisa maksimal dan bisa menyejahterakan petani garam,” kata Menko Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan.

Ia menyatakan, agar produksi garam termasuk di Sumenep, Madura ini bisa maksimal, pemerintah harus hadir dengan menyiapkan infrastruktur dalam penggarapan garam.

“Pemerintah menginginkan petani garam bisa sejahtera dengan produksi garam. Untuk itu pemerintah memang harus memberikan dukungan penuh dengan memberikan bantuan yang bisa mendukung petani,” ucapnya.

Ia juga berharap, agar produksi garam rakyat itu bisa berlangsung dengan maksimal, petani harus bersatu, tidak ada perbedaan antar kelompok pada petani garam itu sendiri.

“Kalau petani garam itu bersatu, pemerintah lebih gampang memberikan bantuan dalam bentuk apapun,” harapnya.

Ia menegaskan, biaya produksi garam harus ditekan sedemikian mungkin, namun suplai kebutuhan tetap tercukupi. “PT Garam sebagai BUMN juga harus bisa menyediakan persediaan air bagi petani garam sehingga bisa menekan biaya produksi garam rakyat” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.