Menteri Wiranto: Operasi di Mako Brimob Gunakan SOP Internasional

Avatar of PortalMadura.Com
Menteri Wiranto: Operasi di Mako Brimob Gunakan SOP Internasional
Menteri Wiranto (Harian Terbit)

PortalMadura.Com, – Menteri koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) mengatakan, proses penanganan kerusuhan sekaligus penyanderaan di Markas Korps Brimob Kelapa Dua dilakukan menggunakan Standar Operasional Prosedur internasional.

“Dengan standar SOP internasional, aparat memberi ultimatum, menyerah atau merasakan serangan dari aparat. Kita memberi waktu tertentu di mana mereka harus menjawab. Sebelum fajar pagi ini mereka menyatakan menyerah tanpa syarat. Tidak ada negosiasi tawar menawar dan kita minta mereka keluar satu per satu. Jadi bukan negosiasi,” tutur Menteri Wiranto di Jakarta, Kamis (10/5/2018).

Didampingi oleh Panglima TNI Jendral Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala BNPT Suhardi Alius dan Kepala Staf Presiden Moeldoko, Wiranto berujar usai operasi digelar, 145 dari 156 narapidana menyerah pertama tanpa syarat. Sedangkan sepuluh orang sisanya penyisiran dilakukan dengan cara yang telah ditentukan oleh kepolisian.

“Mereka padahal sudah merampas senjata kurang lebih 30 pucuk, bukan militer, tapi hasil sitaan saat melawan terorisme sebelumnya. Bagi sisa teroris yang tidak menyerah, ada sepuluh, kita lakukan penyisiran dengan cara yang sudah ditentukan. Maka lengkap 155 tahanan teroris sudah menyerah kepada aparat polri,” jelas Menteri Wiranto.

Dalam kesempatan yang sama, Wiranto menyebut, pelaku kerusuhan yang dihadapi aparat kepolisian kali ini adalah penindak terorisme dalam tahanan.

Dia menyayangkan perbuatan para narapidana teroris yang justru melakukan kekejaman, dengan menyandera, menyiksa, dan membunuh para petugas dengan cara kejam dan keji.

Menteri Wiranto pun menegaskan langkah yang dilakukan oleh petugas dalam menangani insiden kali ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo dalam forum dunia.

“Seperti yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo dalam forum dunia, beliau berkata, Indonesia dalam menghadapi terorisme kita selalu tegas tidak pandang bulu, kita rencanakan serbuan para terorisme di lokasi yang sudah kita isolasi,” kata Menteri Wiranto.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.