oleh

Menu Camilan: Resep Kembang Tahu yang Lembut dan Lezat

PortalMadura.Com – Pada umumnya, ketika perut terasa lapar, orang akan mengganjalnya dengan camilan. Meski demikian, jangan sembarangan makan camilan ya. Pilihlah camilan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh, camilan Kembang Tahu misalnya.

Kembang tahu ini tidak hanya sekedar pengganjal perut, teteapi Anda juga bisa bernostalgia dengan jajanan tradisional ini. Saat ini, mungkin keberadaannya sulit ditemukan. Namun tak usah bingung, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Penasaran bagaiaman cara bikinnya? Berikut langkah-langkahnya untuk Anda.

Bahan-bahan yang diperlukan:
1/4 kilogram kedelai
1 bungkus agar-agar plain
3 sendok makan gula pasir
1 gula jawa
2 ruas jahe
1 tangkai daun pandan
Air secukupnya
Saringan kedelai/kain

Loading...

Cara Membuat
Rendam kedelai selama 1 hari 1 malam. Kemudian, cuci sampai bersih dan haluskan menggunakan blander (tambah air).

Lalu, peras atau saring agar terpisah dari air dan ampas. Setelah semua tersaring, masukan air sari kedelai ke dalam panci dan tambahkan 1 bungkus agar-agar palin serta 3 sendok makan gula pasir. Panaskan hingga mendidih.

Jika sudah mendidih, tuangkan ke dalam wadah dan tunggu sampai dingin dan padat.

Sambil menunggu, buatlah kuah kembang tahu. Caranya, masukan 3 gelas air ke dalam panci. Tambahkan gula jawa dan jahe yang sudah digeprek, serta daun pandan. Panaskan sampai mendidih dan kental.

Jika kembang tahu dan kuah sudah siap, maka ambilah kembang tahu sedikit demi sedikit menggunakan sendok ke dalam mangkuk dan berilah kuah. Kembang tahu siap dinikmati.

Mudah bukan ? Semoga mengispirasi ya. (liputan6.com/Nanik)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar