oleh

Menu Camilan: Resep Martabak Daging Arab yang Maknyus

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak tahu martabak? Makanan ini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan, sehingga mudah dijumpai. Selain itu juga penikmatnya dari semua kalangan. Rasanya yang enak bisa membuat ketagihan yang mengonsumsinya.

Namun berbeda dengan martabak telur khas Arab yang punya cita rasa yang kuat dan menggugah selera. Anda penasaran dengan rasanya? Ini dia resepnya:

Bahan Kulit:

125 gr tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
60 ml air
2 sdm minyak goreng
minyak goreng secukupnya untuk merendam adonan dan menggoreng

Bahan-bahan:

300 gr daging sapi giling
4 butir telur, kocok lepas
2 sdt bumbu kari
2 siung bawang putih, cincang
5 batang daun bawang, iris
1 buah bawang bombay, cincang
kacang polong matang secukupnya
garam dan merica secukupnya

Kuah Cuka Martabak:

2 sdm gula merah
sejumput garam
200 ml air/ secukupnya
5 siung bawang merah, iris kasar
10 buah cabai rawit, iris tipis
1 sdm cuka
wortel dan mentimun secukupnya

Cara Membuat:

Campur bahan kulit dan uleni rata hingga kalis. Bagi-bagi beberapa bulatan, biarkan kurang lebih 5 menit lalu rendam dengan minyak kurang lebih 40 menit hingga 1 jam. Kemudian tumis bawang bombay hingga layu dan harum, masukkan bawang putih, tumis hingga harum, masukkan semua sayuran dan tumis lagi hingga matang.

Masukkan daging dan tumis hingga berubah warna, masukkan bumbu kari, garam dan merica secukupnya. Aduk rata, tes rasa, jika kurang asin, bisa ditambahkan garam. Lebih baik agak asin karena nanti dicampur dengan telur. Setelah matang, campur telur dan sisihkan.

Ambil adonan dan lebarkan, isi dengan isian secukupnya, lipat rapi dan goreng di penggorengan datar. Sesekali bolak-balik, jarang sering di bolak balik agar tidak pecah dan hancur.

Untuk kuah cuka, rebus air dan masukkan gula merah dan sejumput garam. Larutkan hingga jadi kuah. Di wadah lain, campurkan semua bahan sayur dan cuka. Tuang kuah ke atas bahan-bahan tersebut, aduk rata. Jadi deh cuka martabak.

Martabak siap dinikmati sebagai camilan berat sore hari. (vemale.com/Desy)

Loading...