oleh

Menu Sahur: Resep Tahu Tempe Kriuk Sambal Penyet yang Lezat dan Maknyus

PortalMadura.Com – Tahu tempe menjadi olahan menu yang disukai banyak orang. Walaupun harganya terbilang murah, tapi siapa bilang makanan ini tidak bisa dijadikan masakan yang nikmat dan lezat. Salah satunya yaitu tahu tempe kriuk sambal penyet.

Kriuknya olahan ini dan sambal penyet yang mantap tersebut sangat cocok untuk menyegarkan otak di kala waktu sahur. Semakin sedap jika disantap dengan sepiring nasi hangat. Mau coba bikin?.

Ini dia resepnya:

Bahan:

1 bungkus tepung kriuk
130 ml air
1 papan tempe ukuran sedang
1 bh tahu putih besar
30 gr daun bawang
Minyak goreng secukupnya

Bahan Sambal Penyet:

1 sachet terasi
1 1/2 bh tomat
2 sachet BonCabe level 15
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 bh jeruk limau
Kemangi, mentimun, dan tomat secukupnya

Cara Membuat Tahu Tempe Kriuk:

Campurkan air dengan 1 bungkus tepung kriuk. Aduk hingga rata dan menjadi adonan basah. Masukkan daun bawang, celupkan tahu dan tempe ke dalam adonan basah. Setelah itu, masukkan tempe dan tahu ke dalam minyak panas, lalu goreng.

Balurkan sisa adonan basah tepung tempe ke atas tahu dan tempe yang sedang digoreng. Goreng hingga kuning kecokelatan. Jika sudah, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Sambal Penyet:

Goreng terasi dan tomat di dalam minyak panas hingga layu. Ulek terasi dan tomat hingga halus. Tambahkan dua sachet BonCabe level 15. Ulek sampai merata.

Kemudian, tambahkan garam dan gula secukupnya. Selesai, tahu tempe kriuk sambal penyet siap dihidangkan. (dapurkobe.co.id/Putri)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...