oleh

Menu Sehat: Resep Ikan Mujair Goreng Saus Siram Asam Manis Pedas

PortalMadura.Com – Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, ikan mujair juga bisa dimasak menjadi berbagai menu. Mulai dibakar, di goreng kering atau bahkan dimasak berkuah.

Nah, salah satu masakan dengan bahan dasar ikan mujair yang banyak disukai penikmat kuliner yaitu ikan mujair goreng siram asam pedas. Tidak membutuhkan waktu lama untuk memasak menu ini. Bahkan bahannya pun mudah didapat. Penasaran, bagaimana rasanya?

Selamat Ibadah Puasa

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut resep ikan mujair goreng saus siram asam pedas yang cocok untuk menu makan siang.

Bahan-bahan:

5 ekor ikan mujair dewasa, bersihkan
3 siung bawang putih
1 ruas kunyit
5 butir ketumbar
garam secukupnya

Bahan saus asam pedas:

1 sdm tepung kanji yang dicampur dengan 5 sdm air
2 siung bawang putih, cincang halus
1 butir bawang bombay, iris
1 buah wortel, iris
1 buah paprika hijau,iris
1 buah paprika merah, iris
2 batang daun bawang, iris
5 buah jagung muda
3 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
1 cm jahe, potong panjang korek api
merica secukupnya
gula secukupnya
garam secukupnya
air secukupnya

Cara Memasak:

Haluskan semua bahan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunyit, dan garam. Kemudian rendam ikan mujair dalam wadah yang sudah diisi bumbu, biarkan sejenak kurang lebih 15 menit.

Selanjutnya goreng ikan mujair hingga matang dan kering. Setelah itu, tumis bumbu irisan bawang putih dan jahe. Lalu masukkan saus tiram , saus tomat, dan merica. Kemudian disusul sayur seperti wortel, bawang bombay, jagung, paprika,dan daun bawang hingga harum. Setelah itu, beri gula dan garam secukupnya. Terakhir, masukkan tepung kanji yang sudah dicairkan. Masak, aduk hingga kental dan agak susut. Angkat.

Taruh mujair goreng dalam piring saji, lalu sirami dengan saus tiram asam pedas diatasnya. Sajikan selagi hangat ditemani nasi putih.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Liputan6.com

Komentar