oleh

Menu Senin: Resep Ikan Lele Bumbu Balado Pedas Manis dan Gurih

PortalMadura.Com – Apa Anda salah satu penyuka masakan ikan lele?. Selain memiliki cita rasa yang khas dan gurih, bahan makanan yang satu ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat dan menggugah selera.

Biasanya, jenis ikan ini dimasak menjadi ikan lele goreng, mangut lele atau gulai lele. Akan tetapi, kali ini Anda bisa coba membuat ikan lele bumbu balado pedas manis yang enak di rumah.

Berikut resep ikan lele bumbu balado pedas manis, seperti dikutip PortalMadura.Com, Senin (28/10/2019) dari laman Fimela.com:

Bahan-bahan:

2 ekor lele ukuran besar
1 ruas jahe, memarkan
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
Minyak goreng, secukupnya

Bumbu Halus:

4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
10 buah cabai merah besar, buang isi
10 buah cabai keriting
1 butir kemiri
1 buah tomat
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya
Penyedap masakan, secukupnya

Loading...

Baca Juga: Super Lezat, Resep Lele Goreng Tepung Krispi

Cara Membuat:

Cuci bersih ikan lele, kemudian potong-potong bulat sesuai selera. Lalu panaskan minyak, goreng ikan lele yang telah dipotong-potong hingga matang dan bagian luarnya kering.

Setelah itu, haluskan semua bumbu dengan cara diblender, sisihkan sebentar. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Jika bumbu sudah harum dan matang, tambahkan setengah gelas air ke dalam bumbu. Tambahkan jahe, daun salam dan daun jeruk ke dalam bumbu.

Selanjutnya, masukan ikan lele yang telah digoreng ke dalam bumbu, aduk rata. Masak semua bahan hingga mendidih dan bumbu meresap ke daging lele. Jika semua bahan sudah matang dan bumbu meresap, angkat lele bumbu balado kemudian sajikan. Ikan lele bumbu balado pedas manis siap dinikmati.

Komentar