Menu Siang: Resep Jengkol Praktis Enak dan Tanpa Bau

Avatar of PortalMadura.Com
Menu Siang: Resep Jengkol Praktis Enak dan Tanpa Bau
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang enggan memakan karena baunya yang kurang sedap. Namun rasanya yang legit membuat orang senang memakannya bahkan jadi ketagihan. Bahkan jengkol bisa menjadi hidangan yang menggugah selera, seperti Jengkol Balado. Perpaduan pedas dan legitnya jengkol membuat menu yang satu ini membuat Anda ketagihan.

Anda pun tak perlu khawatir akan bau jengkol yang tidak sedap ini. Pasalnya, dengan teknik pengolahan yang tepat, jengkol tidak akan meninggalkan bau, tapi tetap lezat. Tertarik membuat jengkol untuk santap siang ini? Berikut Jengkol Balado seperti dikutip Tastemade.

Bahan-bahan:
350 g jengkol yang sudah tua
Air, untuk merebus jengkol
2 sdm minyak untuk menumis
1 sdt garam
3 lembar daun salam
1 batang serai

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
5 buah cabai merah besar
15 buah cabai rawit merah
3 cm kunyit
50 g gula merah

Cara membuat:
Rebus air hingga mendidih. Masukan jengkol. Rebus jengkol hingga lembut, kemudian angkat dan kupas kulitnya. Memarkan jengkol hingga agak tipis.

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit merah, kunyit dan gula merah. Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam dan serai hingga harum.

Tambahkan sedikit air dan diamkan sampai mendidih. Kemudian masukan jengkol. Bumbui dengan garam, lada dan gula jika mau. Aduk hingga merata. Tunggu sampai jengkol benar-benar matang. Angkat. Jengkol balado siap disajikan.(Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.