Menurut Para Ahli dan Alquran, Ini Kewajiban Orang Tua Penuhi Gizi Anak

Avatar of PortalMadura.com
Menurut Para Ahli dan Alquran, Ini Kewajiban Orang Tua Penuhi Gizi Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga dan merawat seorang anak sudah menjadi tanggung jawab kedua orang tua. Termasuk dalam hal memenuhi gizi nya. Sebab sejauh ini masih banyak orang tua yang kurang mengetahui tentang kecukupan .

Akibatnya, tidak sedikit daerah-daerah khususnya di Indonesia yang mengalami masalah gizi buruk pada anak. Padahal, peran orang tua sangatlah utama dalam menyediakan makanan bergizi seimbang di rumah. Hal ini tidak hanya menurut para ahli tapi dalam Alquran pun juga dijelaskan.\

Berikut penjelasannya:

“Di sini peran keluarga sangat penting, terjadinya gizi buruk berawal dari keluarga yang tidak bisa mencukupi kebutuhan gizi bagi anak-anaknya. Akibatnya bisa memunculkan stunting yang tidak bisa dihindarkan,” ucap Dr.Mursidah Thahir dari PP. Muslimat Nahdatul Ulama (NU) dan anggota komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam pemaparannya di acara Peringatan Hari Gizi Nasional 2018.

Dalam Agama Islam pula ada sebuah ayat dalam Alquran yang menjelaskan kewajiban umat Islam untuk takut pada Allah dan larangan untuk meninggalkan anak-anak dalam keadaan lemah. Ayat tersebut tertuang dalam Surat An-Nisa ayat 9 seperti yang tertulis di bawah ini.

Artinya: “Dan hendaklah orang-orang takut kepada Allah, bila seandainya mereka meninggalkan anak-anaknya, yang dalam keadaan lemah, yang mereka khawatirkan terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan mengucapkan perkataan yang benar”.

Serupa dengan Dr.Mursidah Thahir, Prof. Dr. Dodik Briawan MCN, seorang pengajar dan peneliti Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB menyampaikan dalam pemaparannya, intervensi gizi perlu dilakukan dalam bentuk edukasi pada masyarakat khususnya para orang tua secara berkesinambungan. Ia juga mengatakan orang tua harus paham kebutuhan nutrisi anak-anaknya sejak dalam kandungan.

“Orang tua harus paham betul kebutuhan nutrisi anak, makanan yang baik dan tidak baik, tidak terpengaruh gaya hidup yang serba instan serta iklan-iklan produk makanan anak yang kadang menjanjikan hal yang berlebihan,” jelasnya.

Selain Dodik, Dr. Damayanti Rusli S, SpAK, Phd, dokter anggota UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik PP IDAI, menjelaskan buruknya asupan gizi yang dialami bayi sejak dalam kandungan hingga berumur dua tahun bisa menyebabkan stunting atau badan terlalu pendek pada balita, rendahnya tingkat kecerdasan anak, hingga peluang kerjanya lebih kecil.

Untuk itu, orang tua harus memenuhi gizi seimbang mulai dari masa hamil hingga anak berusia 2 tahun setelah lahir. Pasalnya, investasi gizi pada 1000 hari pertama kehidupan merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar.

“Permasalahan gizi tidak hanya akan mengganggu perkembangan fisik dan mengancam , tapi juga dapat menyebabkan kemiskinan. Pertumbuhan otak anak yang kurang gizi tidak akan optimal sehingga akan berpengaruh pada kecerdasannya di masa depan. Dengan demikian, peluang kerja dan mendapatkan penghasilan lebih kecil pada anak stunting,” tandas Dr. Damayanti. (okezone.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.