Tak Berkategori  

Menurut Penelitian: Bentuk Kepala Bayi yang Datar Pengaruhi Pertumbuhannya

Avatar of PortalMadura.com
Menurut Penelitian: Bentuk Kepala Bayi yang Datar Pengaruhi Pertumbuhannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bagi ibu muda, mungkin akan bertanya-tanya tentang bagaimana yang baik dan benar. Bahkan, sebagian dari mereka mungkin merasa khawatir karena ditakutkan bayinya tidak tumbuh dengan normal.

Perlu Anda ketahui, tumbuh kembang bayi ternyata bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari George Institute for Global Health, University of Sydney yang menunjukkan bahwa tumbuh kembang bayi bisa dilihat dari bentuk kepalanya.

Penelitian yang dilakukan oleh Asisten Profesor Alexandra Martiniuk ini mengklasifikasikan dua jenis , yakni kepala datar dan kepala normal (tidak datar).

Para orang tua diimbau agar memperhatikan bentuk kepala bayi untuk mengetahui tumbuh kembangnya kelak. Hal itu dilakukan, karena bentuk kepala bayi sangat berpengaruh terhadap perkembangan bayi, terutama aspek keterampilan motorik.

Bayi yang mempunyai kepala datar mengalami pertumbuhan yang terhambat. Keterampilan motorik yang paling sering terhambat adalah kemampuan duduk dan merangkak. Setelah itu, biasanya diikuti juga dengan terlambat bicara.

“Kalau Ibu memerhatikan bentuk kepala si kecil terlihat datar, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk diperiksa apakah dibutuhkan terapi tertentu,” ujarnya.

Bentuk kepala datar ini terjadi lantaran orang tua sering menidurkan bayi dalam keadaan terlentang dalam waktu yang lama. Mertiniuk menyarankan agar orang tua memberi waktu pada anak untuk beraktivitas dalam posisi tengkurap.

“Hal lain yang bisa dilakukan adalah sering menempatkan bayi dalam posisi berbeda saat dia bangun,” ujar Martiniuk.

Sedangkan jika bentuk kepala bayi terlanjur datar sejak lahir, orang tua disarankan untuk menempatkan posisi berbeda agar otot leher bayi akan semakin kuat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.