Tak Berkategori  

Menurut Penelitian: Ternyata Melamun Bermanfaat Bagi Otak

Avatar of PortalMadura.com
Menurut Penelitian: Ternyata Melamun Bermanfaat Bagi Otak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang menganggap bahwa seseorang yang sering bisa meningkatkan stres dan depresi. Tidak sedikit pula yang memandang rendah aktivitas ini sebagai tanda kemalasan atau ketidakpedulian.

Nah, apakah Anda salah satu orang yang sering melamun atau berandai-andai ketika tidak ada kerjaan?. Anda tidak perlu khawatir dengan dampaknya. Karena sebuah penelitian mengungkapkan bahwa hal tersebut sebenarnya memiliki manfaat.

Pasalnya, jaringan yang bekerja saat melamun memainkan peran penting dan memungkinkan Anda melakukan tugas rutin secara efisien, tanpa menginvestasikan terlalu banyak waktu dan energi.

Sebelumnya, para ilmuwan di Washington University School of Medicine telah menemukan bahwa kumpulan daerah otak tampak lebih aktif selama keadaan istirahat seperti ketika seseorang tengah melamun.

Jaringan ini dinamai ‘Default Mode Network‘ (DMN). Sejak saat itu, DMN telah dikaitkan dengan melamun, memikirkan masa lalu, merencanakan masa depan, dan kreativitas, fungsi pastinya tidak jelas.

Dalam penelitian baru yang dipublikasikan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences, para ilmuwan menunjukkan bahwa DMN memainkan peran penting dalam memungkinkan kita beralih ke ‘autopilot‘ itu ketika kita terbiasa dengan sebuah tugas.

Dalam penelitian tersebut, 28 relawan mengambil bagian dalam sebuah tugas saat berbaring di dalam pemindai Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan MRI fungsional (fMRI) untuk mengukur perubahan tingkat oksigen otak sebagai proxy untuk aktivitas syaraf.

Peserta diperlihatkan empat kartu dan diminta mencocokkan kartu target dengan salah satu kartu ini. Ada tiga aturan yang sesuai dengan warna, bentuk atau nomor. Relawan tidak diberi tahu peraturan, tapi harus menyelesaikannya sendiri karena trial and error.

Selama tahap percobaan, jaringan perhatian dorsal, yang telah dikaitkan dengan proses informasi yang membutuhkan perhatian akan bekerja lebih aktif.

Namun, di tahap aplikasi di mana peserta memanfaatkan aturan belajar dari memori, DMN lebih aktif. Pada tahap ini, semakin kuat hubungan antara aktivitas di DMN dan di daerah otak yang terkait dengan memori, seperti hippocampus, semakin cepat dan lebih akurat relawan mampu melakukan tugasnya.

Ini menunjukkan bahwa selama tahap aplikasi, peserta dapat merespon tugas secara efisien dengan menggunakan aturan dari memori.

“Alih-alih menunggu secara pasif untuk hal-hal yang terjadi pada kita, kita terus-menerus mencoba untuk memprediksi lingkungan sekitar kita,” kata Deniz Vatansever, mantan mahasiswa Universitas Cambridge dilansir Zeenews.

Kondisi tersebut, lanjut dia, seperti sebuah autopilot yang membantu kita membuat keputusan cepat ketika kita tahu apa aturan lingkungan. “Jadi, misalnya, ketika Anda mengemudi untuk bekerja di pagi hari sepanjang rute yang sudah tidak asing lagi, jaringan mode default akan aktif, memungkinkan kami melakukan tugas kami tanpa harus menginvestasikan banyak waktu dan energi ke dalam setiap keputusan,” jelas Vatansever, yang sekarang berbasis di Universitas dari York. (suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.