Tak Berkategori  

Menurut Penelitian, Ternyata Orang Pelupa Punya Kecerdasan yang Tak Terduga

Avatar of PortalMadura.com
Menurut Penelitian, Ternyata Orang Pelupa Punya Kecerdasan yang Tak Terduga
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian dari Anda mungkin pernah atau bahkan sering kedapatan barang bawaannya tertinggal dan lupa dibawa. Misalnya barang-barang kecil seperti kontak sepeda motor, kunci rumah, peralatan makeup, atau barang-barang lainnya.

Memiliki kebiasaan lupa seperti ini tentu akan mengganggu pikiran. Karena, barang yang biasanya ada tapi Anda justru lupa menaruhnya dimana sehingga masih harus mencari-cari.

Namun, sering kelupaan terhadap sesuatu ternyata sebenarnya Anda memiliki kecerdasan yang tidak terduga. Hal ini dibuktikan dari penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Neuron yang mengungkapkan bahwa, melupakan hal-hal kecil itu hal yang normal, ini adalah tanda otak Anda sehat dan bisa berarti tanda bahwa otak Anda sedang menyisihkan ruang untuk informasi-informasi yang lebih berguna untuk ke depannya.

Menurut peneliti dari University of Toronto, Blake Richards mengungkapkan, penting bagi otak berfungsi melupakan beberapa hal yang sekiranya sepele atau tidak terlalu penting dan berfokus pada hal-hal yang lebih penting dan sekiranya akan Anda butuhkan dalam membuat keputusan atau jangka panjang.

Lebih lanjut, peneliti menemukan bahwa sebenarnya otak tidak serta merta menyimpan memori dan mengirimkan semua informasi untuk disimpan dari waktu ke waktu, melainkan mengoptimalkan penyimpanan memori yang berperan dalam pengambilan keputusan, menyimpan apa yang penting dan melepas apa yang tidak.

Bahkan Anda akan menyadari bahwa Anda sudah banyak melupakan apa yang Anda pelajari di sekolah dulu saat Anda sudah bekerja, padahal Anda dulu sangat pandai dan hafal betul dengan pelajaran tersebut. Hal ini terjadi karena otak sudah memilah mana memori yang kira-kira Anda butuhkan dan mana yang tidak saat ini.

Hal ini umumnya terjadi pada orang-orang yang punya kesibukan padat, punya banyak aktivitas dan otak cerdas yang setiap harinya menerima informasi penting untuk disimpan di dalam otak. Orang yang tidak banyak kegiatan atau kerjaan mungkin jarang mengalaminya.

Jadi, sebenarnya ketika Anda menjadi pelupa mengenai hal-hal kecil, sebenarnya ini tanda otak Anda cerdas dan sedang menyaring mana informasi yang penting untuk disimpan dan mana yang tidak.

Kemungkinan besar Anda tidak akan punya waktu untuk mengurusi kehidupan orang lain karena informasi seperti itu pasti akan dibuang oleh otak, karena ada banyak hal yang lebih penting untuk diingat dan dikerjakan. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.