Minta Transparansi Pungutan, Ratusan Siswa SMAN I Kalianget Mogok Belajar

Avatar of PortalMadura.Com
Minta Transparansi Pungutan, Ratusan Siswa SMAN I Kalianget Mogok Belajar
Siswa SMAN I Kalianget

PortalMadura.Com, – Ratusan siswa SMAN I Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur . Mereka yang terdiri dari kelas XI dan XII itu berdiri dihalaman sekolah sambil menunggu penjelasan dari pihak sekolah terkait pungutan yang dilakukan terhadap siswa selama ini.

“Kami minta pihak sekolah menjelaskan ke kami terkait keuangan yang dibayar kami ke sekolah karena selama ini tidak pernah ada transparansi,” ungkap Nursiah, Kelas 3 SMAN I Kalianget, Senin (24/10/2016).

Menurutnya, pihaknya malu jika ditanya soal banyaknya pungutan bagi setiap siswa yang baru masuk dengan alasan uang pembangunan. Setiap siswa baru dimintai biaya sebesar sekitar Rp500-Rp600 ribu per siswa untuk uang pembangunan dan uang pendaftaran sebesar Rp35 ribu per calon siswa.

“Kami bukan dari kalangan keluarga mampu semua, makanya jangan terlalu banyak dimintai sumbangan,” jelasnya.

Sementara itu, kepala SMAN I Kalianget, Budi Hartono menjelaskan, pungutan yang dilakukan sekolah itu dianggap sudah sesuai aturan yang ada dan sudah kesepakatan antara komite sekolah dengan orang tua siswa.

“Itu bukan kebijakan sekolah. Sekolah hanya memberitahukan kebutuhan sekolah kepada komite dan orang tua dan dalam pertemuan komite dengan orang tua siswa disepakati adanya pembayaran dengan jumlah yang tertentu,” kilah kepala sekolah.

Ia menyampaikan, terkait dengan sumbangan untuk pembangunan itu diperuntukkan bagi siswa yang mampu, sedangkan siswa yang tidak mampu diberi keringanan untuk tidak membayar dengan membawa keterangan tidak mampu.

“Pembayaran sumbangan itu dibayar dengan cara menyicil selama lima kali dan bagi siswa dari kalangan kurang mampu dibebaskan dari sumbangan tersebut,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.