Minum Kopi Ampuh Atasi Sembelit Tapi….

Avatar of PortalMadura.Com
Minum Kopi Ampuh Atasi Sembelit Tapi....
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti pernah mengalami , dan rasanya tidak enak bukan ? Ada banyak faktor penyebab seseorang alami sembelit, mulai dari pola makan yang tidak sehat, kurang asupan serat, terlalu lama menahan buang air besar sampai memang ada masalah kesehatan khusus di tubuh. Saat tubuh mengalami sembelit, biasanya apa yang Anda lakukan?

Ada banyak cara yang disarankan para ahli untuk mengatasi sembelit, termasuk minum obat pelancar BAB.

Dan menjadi salah satu yang sangat dipercaya selama ini bisa membantu mengatasi masalah sembelit. Kandungan kafein dan beberapa senyawa dalam kopi bisa memicu kontraksi usus, sehingga memberikan efek laksatif yang melancarkan BAB. Namun, meski ampuh mengatasi masalah sembelit, cara tersebut tidak disarankan oleh para ahli.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal gastro enterologi menyebutkan bahwa kopi bisa menginduksi respon gastrocolonic pada beberapa orang setelah mereka meminumnya. Ketika indikasi tersebut terjadi, tidak jarang hal tersebut akan membuat perut mulas sehingga bebas dari masalah sembelit.

Meski demikian, perlu Anda ketahui bahwa mulas tersebut juga memiliki dampak buruk buat kesehatan pencernaan terutama di usus besar. Penelitian menemukan bahwa kopi menyebabkan pelepasan gastrin dan hormon tertentu di tubuh. Bagi beberapa orang, minum kopi malah akan membuatnya kembung, mual hingga pusing.

Sebaiknya, ketika Anda mengalami sembelit, cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak asupan serat. Perbanyak juga konsumsi air putih dan terapkan pola hidup yang lebih sehat. Hindari mengonsumsi fast food, minuman bersoda, kopi dan minuman beralkohol karena hal tersebut bisa memperburuk kesehatan secara keseluruhan.

Namun ketika sembelit sudah semakin parah, sebaiknya lekas pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan Anda.

Semoga Informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.