oleh

Mirip Lemper, Ini Resep Gogos Khas Makasar

PortalMadura.Com – Gogos merupakan salah satu makanan khas Makasar yang dibuat dari beras ketan putih dan dibungkus daun pisang. Mirip kue lemper, hanya saja isian gogos terbuat dari daging ikan laut dengan rasanya yang pedas. Sedangkan kue lemper biasanya diisi dengan daging sapi atau ayam yang dicampur dengan sayuran seperti wortel atau kentang.

Selain itu, gogos khas Makasar setelah dibungkus daun pisang langsung dipanggang, sedangkan kue lemper dikukus. Penasaran dengan rasa dan cara membuat gogos khas Makasar? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com, berikut resep gogos khas Makasar:

Bahan:

400 gram beras ketan putih
200 ml santan encer
2 lembar daun salam
1 sendok teh garam
1 sendok makan minyak untuk olesan
daun pisang secukupnya
tusuk gigi secukupnya

Isian:

500 gram fillet ikan tuna,tongkol atau cakalang
100 ml air
3 lembar daun jeruk, iris halus
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
1 ikat kemangi
1 lembar daun salam
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah
3 buah cabai merah besar
3 buah cabai rawit merah
3 buah kemiri
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1 sendok teh gula merah sisir
1 sendok teh garam

Cara Membuat:

Cuci bersih beras ketan, lalu rendam selama 2 jam. Kemudian
rebus santan bersama garam dan daun salam hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Kukus beras ketan yang sudah direndam selama 15 menit, setelah itu angkat dan pindahkan dari kukusan. Lalu masukkan santan rebus ke dalam beras ketan yang sudah dimasak. Aduk-aduk hingga santan meresap ke dalam beras ketan. Kemudian kukus kembali beras ketan selama 30 menit.

Kukus fillet ikan hingga matang, kemudian tunggu sampai dingin dan suwir-suwir. Lalu panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, dan daun kemangi. Kemudian masukkan ikan suwir ke dalam tumisan bumbu halus, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata. Tambahkan air dan daun jeruk. Masak hingga air menyusut dan ikan cukup kering.

Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan. Letakkan beberapa sendok ketan, kemudian beri isian. Bungkus dan padatkan, lalu sematkan kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Setelah itu, panggang gogos di atas kompor atau wajan anti lengket, cukup sampai daun pisang pembungkusnya kering. Demikian resep gogos khas Makassar. Sajikan dalam keadaan utuh atau terpotong-potong.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Merdeka.com

Komentar