oleh

Miris! Selain Tak Difungsikan, Pelabuhan Nasional Batu Kerbuy Tak Terawat

PortalMadura.Com, Pamekasan – Kondisi Pelabuhan Nasional Batu Kerbuy yang terletak di Desa Batu Kerbuy Kecamatan Pasean Pamekasan, Madura, Jawa Timur, memprihatinkan. Selain tidak difungsikan, pelabuhan yang telah menelan anggaran miliaran rupiah itu tidak terawat.

Pantauan PortalMadura.com di lokasi, pelabuhan yang berada di pantai utara Pamekasan tersebut terlihat kumuh. Beberapa sudut bangunan ada yang sudah retak, dan sebagian yang lain ditumbuhi rumput liar. Tidak terlihat aktivitas apa-apa, hanya saja ada sebagian warga memancing ikan.

Pelabuhan Batu Kerbuy yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektare itu dibangun berbagai fasilitas, diantaranya dermaga seluas 10 x 50 meter, causeway ukuran 8 x 76 meter, tempat parkir seluas 300 meter persegi, terminal 1000 meter persegi, serta gedung perkantoran seluas 70 meter persegi.

Loading...

Pelabuhan yang mendapat tambahan dana pada tahun 2009 sebesar Rp 6,5 miliar itu sebenarnya sudah rampung pada tahun 2007. Tetapi sampai sekarang tidak difungsikan, bahkan pintu masuk terkunci menggunakan gembok.

“Memang sampai sekarang tidak difungsikan mas, eman sekali. Bangunannya megah dan sudah menelan banyak anggaran, tapi tidak difungsikan. Bahkan, terlihat tidak terawat,” ujar salah satu warga yang ada di lokasi, Zainul Atikurrahman kepada PortalMadura.com, Sabtu (5/1/2019).

Dia berharap, pemerintah bisa segera memfungsikan pelabuhan tersebut agar menfaatnya jelas. Selain pelayanan jalur laut lancar dipastikan perekonomian masyarakat sekitar akan meningkat. Misalnya mendirikan tempat usaha di sekitar pelabuhan dan lain sebagainya. (Marzukiy/Desy)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar