oleh

“Molang Are” ke 33, Unija Resmikan Gedung Graha Wiraraja I

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur, memperingati “molang are” atau dies natalis ke 33 sekaligus meresmikan Gedung Graha Wiraraja I yang dilaksanakan di lantai tiga, Kamis (25/7/2019).

Bertajuk Penguatan Integritas dalam Kebersamaan dikemas dengan nuansa kearifan lokal yang menghiasi tempat berlangsungnya acara di lapangan parkir Unija.

Rektor Unija Sumenep, Sjaifurrachman menyampaikan, tema ini diangkat mengingat semua capaian yang diraih berkat hubungan antara yayasan sebagai badan pengelola Unija, dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa serta mitra kerja.

Hal itu dapat menciptakan integritas yang baik untuk membangun lingkungan Universitas Wiraraja Sumenep berkualitas serta terpercaya akan prestasinya.

“Unija ini berhasil karena kebersamaan semua stakeholder baik itu yayasan sebagai badan pengelola Unija, pimpinan universitas, dosen, karyawan dan mahasiswa,” katanya.

Sedangkan kemasan suasana kearifan lokal dimaksudkan untuk mengingatkan kembali kepada stakeholder, maupun dosen bahwa Universitas Wiraraja ini untuk masyarakat khususnya Sumenep.

“Kita hadir bukan untuk diri kita sendiri tetapi untuk masyarakat. Ini lho masyarakat lokal Sumenep. Jadi monggo masyarakat Sumenep ini digali dengan seluas-luasnya. Silakan diteliti dalam pengabdian, diinformasikan bahwa masyarakat Sumenep ini hebat,” jelasnya.

Dikatakan, alumni Unija sudah mencapai lebih dari 40 ribu yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan dua di antaranya dengan lulusan terbaik telah menjadi direktur utama di sebuah BUMN.

Namun pihaknya sadar, di balik capaian yang diraih juga terdapat banyak kekurangan, karena itu, Unija terus melakukan pembenahan. Salah satunya dengan membangun Gedung Graha Wiraraja I yang diresmikan pada kesempatan ini.

Dijelaskan Gedung Graha Wiraraja I merupakan gedung terluas yang dimiliki oleh Yayasan Arya Wiraraja. Diharapkan nantinya gedung tersebut mampu menjadi wadah untuk pembelajaran serta acara-acara penting yang diselenggarakan oleh yayasan dan Universitas Wiraraja.

Direncanakan juga akan menambah prodi baru dalam waktu dekat ini untuk menaungi pendidikan masyarakat Sumenep, khususnya di bidang pelayanan kesehatan. Di antaranya S1 kebidanan dan profesi bidan serta prodi informatika dari fakultas teknik.

Loading...
Bersama Rektor, Pembantu Rektor, Ketua Umum Yayasan Wiraraja, Ketua Dewan Pembina Yayasan Arya Wiraraja, Ramdlan Siradj, Pengurus dan Dewan Pengawas Yayasan Arya Wiraraja (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

Ketua Dewan Pembina Yayasan Arya Wiraraja, KH. Moh. Ramdlan Siradj, SE, MM, yang ikut memeriahkan acara ini berharap apa yang telah dicapai dan dibangun dengan segala ikhtiar serta kebersamaan bisa terus dijaga.

“Mudah-mudahan Unija akan diselamatkan oleh Allah SWT dari oknum-oknum yang tidak menyukai terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh semua stakeholder,” katanya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan syukuran ini akan menjadikan mereka mampu untuk memajukan Universitas Wiraraja ini berjaya.

Turut hadir dalam momentum tersebut yakni Ketua Umum Yayasan Arya Wiraraja, Drs. H. Kurniadi Widjaja, M.Si, anggota dewan pembina, seluruh Pengurus dan Dewan Pengawas Yayasan Arya Wiraraja, para Pembantu Rektor, seluruh pimpinan fakultas, kepala biro dan kepala lembaga, dosen, tenaga pendidik.

Selain itu perwakilan dari PT Garam, Forpimda Kabupaten Sumenep, Bank Jatim Sumenep, SKK Migas Jabanusa, Kangean Energy Indonesia, Ltd serta mahasiswa Unija.

Tari Topeng (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

Sebelumnya, para undangan disambut Tari Topeng Dalang persembahan dari mahasiswa Unija diiringi gamelan cemara.

Dengan mengenakan pakaian daerah dan batik, suasana kehangatan dan keceriaan terlihat di antara mereka. Sajian jajanan khas Sumenep seperti getas, kalepon, tapai, dan lopes di meja semakin menunjukkan keakraban di hari bahagia ini.

Penampilan drama musikalisasi mahasiswa Unija (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

Kemeriahan pun tercipta dengan adanya penampilan teatrikal dari Sanggar Cemara dan paduan suara Gita Bahana Cemara Unija.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh rektor yang didampingi ketua dewan pembina sebagai bentuk rasa syukur atas Molang Are Unija ke 33 dan dilanjutkan penandatanganan prasasti peresmian Gedung Graha Wiraraja I.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Nurul Hijriyah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar