Cobalah Mandi Air Hangat Sebelum Anda Tidur Malam

Avatar of PortalMadura.com
Cobalah Mandi Air Hangat Sebelum Anda Tidur Malam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat Anda sering terbangun tengah malam dan bahkan Anda termasuk orang yang sulit tidur nyenyak, mungkin ini bisa Anda lakukan. Cobalah sebelum tidur mandi berendam dengan menggunakan air hangat selama 1-2 jam.

Shahab Haghayegh menyebut mandi air hangat dapat menstimulasi hipotalamus otak yang mengatur sistem suhu dan siklus tidur tubuh. Ketika seseorang mandi air hangat maka tubuh secara alami akan berusaha mendinginkan diri sehingga efeknya usai mandi jadi terasa lebih sejuk.

Lebih rincinya dijelaskan kalau mandi air hangat akan melebarkan pembuluh darah di area bawah kulit. Semakin banyak darah yang mengalir maka akan semakin cepat panas tubuh turun.

Ujar Shabab dilansir detik.com dikutip dari Science Direct “Tapi tetap perlu investigasi lebih jauh terkait penghangatan tubuh pasif lewat air ini karena masih sedikit studi yang melakukannya, terutama tentang waktu dan durasi yang optimal ditambah mekanisme pastinya.”

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews ini menyarankan suhu air hangat sekitar 40-42,5 derajat celsius ideal untuk mendapatkan efek maksimal. Suhu tubuh yang lebih dingin dapat berdampak membuat seseorang bisa jatuh tidur 10 menit lebih cepat, lebih dalam, dan total waktu tidur keseluruhan yang lebih lama.

Shahab berencana menggunakan data hasil studinya untuk desain kasur air yang bisa membantu mengatur suhu tubuh penggunanya sepanjang malam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.