Mom, Ini Manfaat Lain Dari Soda Kue Yang Sering Anda Gunakan

Avatar of PortalMadura.com
Mom, Ini Manfaat Lain Dari Soda Kue Yang Sering Anda Gunakan
Ilustrasi Perabot rumah tangga

PortalMadura.Com – Biasanya merupakan salah satu bahan pelengkap yang sering digunakan agar kue kuring terasa lebih renyah dan enak. Namun, soda kue ini ternyata memiliki manfaan lain lho Mom.

Jika Anda memiliki perabotan rumah tangga yang susah untuk dihilangkan nodanya, soda kue ini bisa menjadi solusinya. Selain ekonomis, penggunaannya juga praktis.

Berikut beberapa noda perabot rumah tangga yang bisa dihilanghkan dengan soda kue.

1. Noda Di Cangkir Dan Teko

Bila Anda sering mengkonsumsi teh atau kopi, pasti tidak heran lagi dengan noda kecoklatan yang menempel di cangkir atau teko Anda. Hal tersebut tentu sangat mengganggu penampilan cangkir dan teko Anda bukan?.

Coba manfaatkan soda kue dengan cara, ambil sedikit soda kue lalu gosokkan ke bagian cangkir dan teko yang bernoda. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. Cangkir dan teko bersih seketika.

2. Wajan Besi Berkarat

Wajan besi memang mudah berkarat. Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk bisa menghilangkannya. Caranya, potong kentang membujur panjang, kemudian taburi dengan soda kue, gosokkan ke area yang berkarat hingga terangkat karatnya.

Ualngi beberapa kali hingga benar-benar hilang, kemudian bilas dengan air bersih dan lap hingga kering.

3. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Menaruh berbagai macam bahan makanan di dalam kulkas yang tertutup bisa menyebabkan kulkas beraroma tak sedap. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh pada kualitas makanan yang berada di dalamnya.

Untuk mengatasinya masukkan soda kue ke dalam mangkuk atau kulit jeruk nipis dan letakkan dalam wadah terbuka di dalam kulkas. Soda kue bisa menjaga kesegaran makanan atau minuman agar tidak terkontaminasi dengan bau yang tak sedap.

4. Saluran Pembuangan Yang Tersumbat

Sisa makanan yang ikut terbuang pada saluran air dapat mengakibatkan timbulnya lemak dan mengeras sehingga bila tidak ditangani akan terjadi penyumbatan pada saluran pembuangan.

Anda bisa menaburkan beberapa sendok soda kue dan satu botol besar air panas ke dalam saluran pembuangan. Selain ekonomis, hal tersebut bisa mengurangi penyumbatan yang terjadi di dalam saluran.

5. Noda Pada Marmer

Batuan Marmer merupakan batuan kapur yang telah berubah bentuk dan bercampur dengan berbagai unsur alam hingga hasilnya berupa material dengan corak beragam.

Anda pecinta marmer, mungkin sudah mengetahui bahwa marmer mudah bernoda, tergores, dan pudar.

Cara untuk menghilangkan nodanya, semprotkan bagian yang terkena noda dengan soda kue yang dicampur sedikit air dan tutup menggunakan plastik selama 24 jam. Kemudian, bersihkan menggunakan lap kering.

6. Oven

Biasanya memanggang makanan menggunakanakan oven akan menyisakan makanan yang menempel dan membentuk kerak. Solusinya, pakai soda kue untuk mengangkat sisa makanan yang menempel pada oven.

Keluarkan pemanggang dari oven. Tuang setengah cangkir soda kue dan 3 sendok makan cuka ke dalam wadah. Campur dengan air dan aduk hingga merata.

Oleskan ke bagian panggangan yang berkerak menggunakan kuas atau busa cuci piring. Diamkan hingga 12 jam. Lap dengan kain bersih dan semprotkan air cuka ke dinding oven yang masih berkerak agar mudah dibersihkan.

7. Panci

Mom, pasti sering mengalami susahnya menghilangkan kerak pada panci. Sekarang Mom tidak perlu bersusah payah untuk menghilangkan keraknya. Cukup tuangkan 4 cangkir air kedalam panci, masak hingga mendidih. Masukkan 2 sendok makan soda kue, aduk dengan spatula dan kerak akan terangkat.

8. Peralatan Stainless Steel

Membersihkan peralatan berbahan stainless steel yang gosong tidak bisa hanya dengan busa pencuci piring saja.

Nah, untuk mengatasinya, tuangkan air dan soda kue ke dalam wadah stainless steel, panaskan air hingga mendidih. Setelah terlihat kerak gosongnya terangkat, buang airnya dan bersihkan menggunakan kain lap bersih.

9. Sendok Garpu Dari Perak

Sendok dan garpu yang terbuat dari bahan perak yang terlalu lama disimpan di dalam lemari, permukaan logamnya rentan mengalami korosi.

Solusinya cukup mudah. Siapkan aluminium foil, loyang yang terbuat dari aluminium atau kaca dan taruh sendok dan garpu di dalamnya. Campur secangkir air panas dengan satu sendok makan soda kue, garam dan setengah cangkir cuka. Tuangkan ke dalam wadah berisi sendok dan garpu, diamkan beberapa saat. Angkat dan bersihkan dengan air bersih kemudian lap dengan lap kering.

10. Filter Kompor

Filter asap kompor biasanya berminyak. Untuk membersihkannya, lepaskan filter dari tempatnya, isi wastafel cucian piring dengan air mendidih. Taburi soda kue dan sabun cuci piring. Masukan saringan berminyak ke dalam air tersebut.

Biarkan terendam, kemudian gosok saringannya hingga bersih. Kemudian, lap hingga kering dan letakkan kembali ke tempatnya semula.(detik.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.