Moms, 3 Trik Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, 3 Trik Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Akhir-akhir ini sering kita dengar berita mengenai kekerasan maupun pada anak. Sebagai orang tua hal tersebut tentu membuat kita khawatir bukan.

Hal tersebut wajar bila Hal ini wajar, mengingat anak memiliki keterbatasan dalam menjaga dirinya sendiri. Berdasarkan laporan organisasi Buruh Internasional (ILO), para ahli menyebut sekitar 1,2 juta anak di seluruh dunia, diperkirakan menjadi korban kekerasan seksual dan eksploitasi tenaga kerja. Tentu hal ini bukanlah fakta yang boleh disepelekan.

Setiap orang tua pasti ingin melakukan yang terbaik untuk anaknya termasuk menlindunginya dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Kasus tentang pelecehan seksual salah satunya. Karena itu, Mom dituntut untuk peka dan memahami apa yang terjadi pada anak agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Perlu Mom ketahui, pelecehan seksual terhadap anak tidak hanya sebatas pada perlakuan fisik saja. Tindakan-tindakan yang tidak melibatkan kontak antara pelaku dan korban seperti memaksa anak menonton film porno, menunjukkan kelamin ke anak juga merupakan bentuk pelecehan seksual pada anak.

Untuk itulah, mom sebagai orangtua harus bisa melindungi anak dari bahaya pelecehan seksual pada anak. Nah Mom, berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan agar anak terhindar dari pelecehan seksual.

Memberi Pemahaman Tentang Pelecehan Seksual
Kenalkan anak pada alat seksual mereka. Berikan pengertian, bagian tubuh mana yang boleh dipegang oleh orang lain/asing. Pembicaraan seperti ini tentu saja harus disesuaikan dengan usia anak-anak, agar mereka bisa dengan mudah mengerti apa yang Mom maksudkan. Dengan begitu, anak-anak bisa jauh lebih berhati-hati.

Libatkan Diri Pada Pembicaraan Anak
Jangan terlalu sibuk, usahakan untuk terlibat dalam kehidupan anak-anak. Sebagai orangtua, tidak boleh terlalu mementingkan pekerjaan saja. Libatkan diri Mom untuk proses perkembangan anak.

Jadilah Tempat Curhat Si Kecil
Jadilah sosok yang selalu dapat dipercaya oleh anak-anak. Biasakan mereka untuk selalu nyaman bercerita kepada Mom. Berikan ruang bagi si kecil untuk menceritakan sesuatu yang sudah ia alami.

Itulah tips yang bisa Moms lakukan untuk menghindari pelecehan seksual pada anak. Jaga si kecil dari hal-hal yang membahayakannya. Semoga Bermanfaat. (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.